Tuesday, 13 December 2016

Dengan Mesin Pencacah,SMA 14 Pekanbaru Olah Sampah Organik Menjadi Kompos.


Pekanbaru, SUKSESPOS.com,- Menggunakan mesin pencacah sampah bantuan dari Kemendikbud pusat, SMA 14 Pekanbaru telah mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. "Sekarang sekolah kita sudah bisa mengolah sampah daun-daunan menjadi kompos dengan menggunakan mesin pencacah sampah, kata kepala SMAN 14 Pekanbaru Selamet,S.Pd disekolahnya, Selasa(13/12/2016).

Selamet menyebutkan, sekolah yang dipimpinnya mendapat bantuan mesin pencacah sampah dari Kemendibud pusat. "Alhamdulillah mesin ini sudah dicoba. Dengan mempergunakan mesin pewncacah, sampah lebih mudah dihancurkan. Kemudian dipermentasikan untuk dijadikan kompos.

Kompos yang dihasilkan, selain untuk dipakai sendiri untuk penghijauan lingkungan sekolah, juga akan di jual untuk masyarakat sekitar. Artinya sampah yang selama ini hanya dikumpulkan. Namun sekarang sudah dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman disekolah, bahkan dapat produksi untuk dijual kepada masyarakat umum, jelas Selamet.

"Saya dan keluarga besar SMA 14 mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud pusat yang telah memberikan bantuan mesin pencacah sampah. Sehingga mendorong siswa dan warga sekolah untuk mengolah sampah organik menjadi kompos," tutup Selamet.(ujg)


EmoticonEmoticon