Friday, 6 October 2017

Ratusan Siswa SMA 12 Pekanbaru Ikuti LDK

Tags


SuksesPos com, - Ratusan siswa SMAN 12 Pekanbaru mengikuti Latihan Dasar Kepenimpinan(LDK). Kegiatan LDK yang dipusatkan di aula sekolah tersebut berlangsung selama tiga hari sejak hari Jum'at(6/10) hingga Minggu(8/10) mendatang. 


Kepala SMAN 12 Pekanbaru Hj.Ermita,S.Pd,MM dalam arahannya pada pembukaan LDK menyebutkan latihan  kepemimpinan sangat besar manfaatnya bagi peserta, setidaknya untuk memimpin diri sediri.  


" Kita semua inikan pemimpin. Jadi ilmu kepemimpinan ini sangatlah penting," ujar Ermita.


 

Dijelaskan, secara singkat tentang manjemen kepemimpinan. Menurut Ermita manajemen dan kepemimpinan tidak bisa dipisahkan. Namun antara manajemen dan kepemimpinan sangat jauh berbeda. Apabila kita sudah menjadi pimpinan, maka kita sudah harus menjadi manejer. Yaitu mengatur anggota yang di pimpin. " Itulah manajemen,  yakni memeneg manusianya, ujar Ermita.


Lebih jauh lagi dkatakan, seorang pemimpin harus mempunyai visi dan misi. Harus punya program.  Untuk mencapai visi dan misi kita harus mampu memeneg orang lain. 


Menurut Ermita, seorang pemimpin harus punya ketegasan. Kemudian jangan lupa memberikan aprisiasi atau reaward.  Karena setiap orang butuh pujian. Apresiasi atau reaward ini dapat memberikan motifasi tersendiri kepada staf bawahan untuk lebih menungkatkan kinerjanya. Sehingga bisa meraih prestasi.


Kemudian dijelaskan bahwa, seorang pemimpin harus baik menejerialnya, optimis dan berfikir positif.  Disamping itu, pimpinan harus dapat pula menempatkan orang sesuai dengan kompetensinya masing- masing. Dengan demikian program yang dibuat dapat terlaksana dengan baik, urai Ermita lagi. 


Ermita juga berpesan seorang pemimpin agar dapat memberikan kepercayaan kepada anggota yang dipimpin, juga  melakukan evaluasi dan kontrol atau pengawasan. 


Ditempat yang sama Waka kesiswaan Abdul Gafar, M.Pd menambahkan bahwa LDK ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana setiap tahun digelar.


Dikatakan, pelaksanaan LDK selama tiga hari, Jum'at, Sabtu dan Minggu(6-8/10/2017). Pesertanya terdiri dari MPK dan pengurus OSIS yang baru terpilih. Sedangkan narasumbernya ada dari intern sekolah dan ada dari luar.


LDK ini digelar dengan  tujuan memberikan bekal dasar kepemimpinan kepada MPK dan pengurus OSIS yang baru.


" Saya  berharap  kegiatan LDK ini berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana," harap Gafar.(jun).





EmoticonEmoticon