Tuesday, 7 November 2017

Hadapi Ujian Nasional, SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Gelar Simulasi UNBK

Tags



SuksesPos.Com, Pekanbaru,-Sebanyak 290 siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru mengikuti  simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK).  Simulasi UNBK serentak se-Indonesia tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Senin- Selasa(6-7/11/2017).


Kepala SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Syahrullah Jadid,S.Pd,MM melalui Waka kurikulum Endria Erman,S.Si mengatakan simulasi UNBK ini dilakukan untuk melatih siswa agar kelas XII  tidak canggung lagi nantinya ketika mengikuti UNBK sebenarnya.


‘’Simulasi UNBK ini kami lakukan sesuai dengan intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam pelaksanaan simulasi ini, siswa  dibagi dalam 2 ruang dengan  sistim  3 sesi,’’ ujarnya.


Menurut Endria, simulasi UNBK ini semacam ujicoba materi atau Try Out (TO) kepada siswa. Bedanya, TO yang selama ini dilakukan manual, sedangkan UNBK  menggunakan komputer. Hal ini melatih peserta didik  agar  terbiasa dan terlatuh mengerjakan soal secara online.


‘’Simulasi ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih siswa dengan sistem komputer. Sehingga, saat UNBK nanti, siswa tidak canggung lagi dan sudah cukup mengerti bagaimana sebenarnya cara ujian dengan sistim komputerisasi,’’ ucapnya.


Dikatakan, sejak tahun lalu SMK Farmasi Ikasari sudah melaksanakan UNBK. Untuk diketahui saat ini sekolah kita sudah memiliki sarana yang lengkap. Ada  108 unit komputer yang tersedia, tapi yang dipakai saat simulasi UNBK hanya 84 unit komputer dan semuanya sudah terhubung internet, server dan jaringan internet serta teknisi,’’ terang Endria.


" Saya berharap pelaksanaan simulasi ini berjalan lancar. Peserta didik benar -benar mengerti dan memahani bagiamana cara ujian dengan sistim komputer. Dengan demikian siswa tidak lagi ragu atau bingung ketika mengikuti UNBK  nanti," harapnya.(jun).



EmoticonEmoticon