Monday, 9 April 2018

Kadisdik Riau Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMA 8 Pekanbaru.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru,- -Setelah sebelumnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK selesai diselenggarakan pada pekan lalu, giliran UNBK tingkat SMA/MA diadakan serentak se Indonesia, Senin (09/04/18) pagi. Dihari pertama tersebut, Plh Kadisdik Riau, Indra Agus Lukman juga turut menyempatkan diri melakukan peninjauan pelaksanaan UNBK di SMAN 8 dan SMAN 1 Pekanbaru. 


Menurutnya, selama peninjauan itu, ia masih mendapati laporan mengenai server bermasalah yang menyebabkan terjadinya sedikit pergeseran waktu pelaksanaan ujian. Namun meski begitu, Indra memastikan UNBK di Pekanbaru secara keseluruhan dapat berjalan lancar. Permasalahan server itu, sambungnya, berada di SMAN 12 Pekanbaru dan SMAN 8 Pekanbaru. 


"Dari laporan yang kita terima, tadi ada masalah server di SMAN 12 dan SMAN 8 sehingga ada sedikit pergeseran waktu pelaksanaan (UNBK). Namun kondisi itu bisa teratasi dan alhamdulillah tidak ada kendala berarti, UNBK secara keseluruhan di Pekanbaru tetap berjalan lancar," ujarnya. 


Indra menyebutkan, secara teknis permasalahan server itu sendiri bisa disebabkan karena virus, gangguan jaringan ataupun overload jaringan di area Pekanbaru. Sementara untuk kesiapan secara Sumber Daya Manusia (SDM), dia menilai sudah 100 persen bagus. 


"Yang jelas kalau secara SDM kita sudah 100 persen siap. Hanya ada sedikit masalah digangguan server dan langsung bisa diatasi," tuturnya. 


Demi mencegah agar permasalahan serupa tak terjadi pada pelaksanaan UNBK SMA hari berikutnya, ia pun memastikan jika server yang bermasalah di dua sekolah tersebut akan langsung diperbaiki. Disela kesempatan itu, Indra juga menjelaskan bahwa di Riau sendiri, peserta UNBK SMA/MA 2018 jumlah mencapai 47.788 orang dari 428 sekolah. 


"Pengumumannya nanti akan serentak dilakukan tanggal 2 Mei bulan depan. Baik itu UNBK SMA/MA ataupun UNBK SMK," pungkasnya.


Sementara itu kepala SMA 8 Pekanbaru Tavip Tria Chandra,S.Pd ketika dikonfirmasi mengakui ada sedikit gangguan server,  namun sudah ditangani dan diperbaiki. " Tadi sudah langsung diperbaiki,  sekarang sudah lancar," jelasnya. 


Tavip memastikan, pelaksanaan UNBK disekolah yang dipimpinnya besok dan seterusnya akan berjalan lancar dan berlangsung sukses. " Isya Allah besok dan seterusnya akan lancar tanpa kendala yang berarti, tegas Tavip.(rtc/jun).




EmoticonEmoticon