Sunday, 14 October 2018

Berbagi Pengalaman, Komunitas Guru Belajar Pekanbaru Gelar Mudik

Tags




SuksesPos.com, Pekanbaru,- Komunitas Guru Belajar(KGB) Pekanbaru menggelar Temu Pendidik(Mudik). Kegiatan tersebut berlangsung Sabtu(13/10/2018) sore di kafe kopikirapa jl. Kuau Sukajadi Pekanbaru.


KGB merupakan wadah berkumpulnya para guru dari berbagai daerah di Riau dengan tujuan untuk berbagi strategi belajar, berbagi pengalaman dan praktek cerdas mengajar, ungkap salah seorang pengerak KGB Rika Okviana Tamar,S.Si,M.Pd disela-sela kegiatan mudik.


Menurut Rika pada mudik kali ini KGB menampilkan dua narasumber yakni Zufainudin, S.Pd guru SMKN 4 Pekanbaru dengan materi "Guru Pembelajar" dan Atikah Hermansyah,M.Pd guru MAN 1 Pekanbaru dengan materi " Ragam Strategi Belajar Melalui Medsos".


Lebih jauh Rika mengatakan, keanggotaan KGB adalah para guru dari berbagai jenjang pendidikan di Riau. Akan tetapi dalam kegiatan mudik, tidak hanya guru, namun juga orang -orang yang peduli tentang pendidikan.


" Komunitas guru belajar ini merupakan ajang diskusi para guru yang membahas berbagi pengalaman maupun stragi belajar yang cerdas dan menyenangkan. Artinya kita bisa mardeka belajar, kapan saja, dimana saja. Komunitas ini benar-benar bagi guru yang mau belajar, " tegas Rika.


Menurut guru SMK Pertanian Riau yang satu ini, kegiatan semacam ini sangatlah perlu digalakan. Karena kita bisa berdiskusi dan berbagi ilmu dan metode belajar sesama teman-taman guru lainnya.


Ditempat yang sama Zulfainudin menambahkan, melalui kegiatan ini, setiap guru akan dapat mengembangkan diri dengan kreatif sesuai kondisi yang terus berkembang juga kebutuhan di kelas dengan landasan utama bahwa pembelajaran itu harus menyenangkan dan tidak ada keterpaksaan. Artinya belajar dengan mardeka.

 

 Dikatakan, sebagi  pendidik  kita selalu mendorong  anak untuk belajar, tapi kita sendiri justru berhenti belajar. Jadi sebagai pendidik, kita dengan kompetensi yang dimiliki harus lebih bersemangat lagi belajar. 

 

Semangat belajar demikianlah yang memotivasi KGB untuk melaksanakan Temu Pendidik. Temu Pendidik itu pendidik saling belajar yang singkat, praktis dan cepat.

 

Seorang pendidik haruslah selalu  belajar. Kalau sudah tidak mau lagi belajar, berarti dia sudah memposisikan dirinya untuk behenti menjadi seorang pendidik, ujar Zul. 

 

Dari pantauan dilapangan, terlihat para guru saling shering pengalaman dengan santai, asik dan penuh keakraban.(jun).







EmoticonEmoticon