Wednesday, 24 October 2018

Hebat, Nasywa Devina Mecca, Siswa SDN 26 Pekanbaru Wakili Riau Lomba Kuis Kihajar Tingkat Nasional

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, Hebat, inilah kata yang pantas dipersembahkan buat Nasywa Devina Mecca siswa kelas VI b SDN 26 Pekanbaru yang telah berhasil  wakili Provinsi Riau pada Lomba Kuis Kihajar 2018 tingkat nasional di Jakarta. Loba yang ditaja oleh Pustekom Kemendikbud RI ini diikuti oleh 36 siswa terbaik dari 34 Provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 9-13 Oktober 2018.


Keikutsertaan Nasywa menjadi kebanggaan tersendiri buat sekolah dan Provinsi Riau.


" Alhamdulillah siswa kita berhasil mewakili Provinsi Riau pada lomba kuis kihajar 2018 tingkat nasional. Siswa kita ini masuk juara 12 dari 36 peserta se Indonesia. Juara 1 untuk wilayah sumatera," ujar  Amat Effendi,S.Pd kepala SDN 26 Pekanbaru ketika dikonfirmasi disekolahnya, Rabu(24/10/2018).


Menurut Amat, pihak sekolah merasa senang dan bangga. Dimana siswanya menjadi duta Riau diajang bergengsi tingkat nasional tersebut.


" Walaupun belum menjadi juara 1, kita tetap bangga, karena ini adalah suatu prestasi. Karena tidak mudah untuk masuk ke tingkat nasional. Haruslah melalui perlombaan dan seleksi yang cukup ketat di tingkat daerah terlebih dahulu," ucap Amat.


Amat menyebutkan, dengan keberhasilan yang dicapai siswanya, menunjukan  pendidikan disekolah yang dipimpinnya berkualitas. Karena mampu bersaing secara sehat dibidang akademik secara nasional.


" Atas nama sekolah, Saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi, karena telah mengharumkan nama sekolah dan daerah Riau di level Nasional. Semoga kepdepannya akan berjaya pula diajang bergengsi lainnya," harap Amat optimis.


Ditempat yang sama Nasywa Devina Mecca yang didampingi guru pembimbingnya Artati,S.Pd menyebutkan dirinya merasa senang dan bangga bisa ikut menjadi peserta lomba kuis kihajar tingkat nasional.


" Saya senang dan bangga menjadi wakil Riau pada lomba kuis kihajar tingkat nasional, " ujar Nasywa.


Menurut   Nasywa, lomba yang diikutinya berkaitan dengan  akademis yakni mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris. Kemudian pengetahuan umum, dan non akademis. Semuanya dilakukan dengan sistim komputer.


Anak dari pasangan Rommy Deviandri,S.Pot dan Viet Yuliana, M.Kes ini mengakui, untuk lomba kuis kihajar baru pertama kali diikutinya


Dikatakan, materi yang paling berat itu adalah kita harus mempersentasi materi dihadapan dewan juri. " Materi yang saya sampaikan dalam persentasi tersebut tentang menjaga kesehatan tulang," tegas Nasywa.


Menurut Nasywa lawan-lawan terberatnya adalah peserta dari pulau Jawa. Seperti dari jawa barat, jawa timur, jawa tengah, Jogjakarta dan DKI jakarta. Mereka sudah cukup berpengalaman, jelasnya.


Walaupun belum meraih juara 1, namun saya bisa bersaing dan mengimbanginya. Untuk Sumatera kita juara 1 Om, tegasnya sambil tersenyum.


Guru pembimbingnya Artati,S.Pd menambahkan sebelum mengikuti lomba, Nasywa sudah melakukan persiapan dengan belajar dan latihan menjawab soal-soal yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diuji. 


Selain dilatih dan dibimbing di sekolah juga dibimbing dari Dinas Pendidikan Provinsi. Selainitu juga dikirim plok mendongeng dalam bentuk video edukasi. Dimana tanggal 4 Oktober udah dikirimkan ke Jakarta, terang Artati.


Disamping  tes akademik dengan bobot 50 persen, juga ada pula penilain non akademik yaitu  intitutnya, selama peserta dikarantina, inilah yang tidak diketahui oleh Nasywa, jelas Artati.


Menurut  waka kurikulim ini, lawan beratnya peserta dari pulau jawa, karena mereka sudah cukup berpengalaman. Seperti Jogjakarta( juara 1), Jawa Timur (juara 2 )dan Jawa Barat ( juara 3).Walaupun belum menjadi juara. Namun urutan ke 12 yang diraih Nasywa sudah merupakan suatu keberhasil dan prestasi yang luar biasa.


" Dengan kesuksesan yang dicapai Nasywa, akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi dirinya dan juga memacu semangat siswa lainnya untuk dapat pula mengukir prestasi dibidang lainnya," pungkasnya.(jun).

 




EmoticonEmoticon