Friday, 26 October 2018

Tingkatkan Karakter Religius dan Jiwa Kewirausahaan Siswa, SMAN 5 Pekanbaru Gelar Khatam Qur'an, Bazar Kuliner dan Mulok Budaya Melayu.

Tags


SukesPos.com, Pekanbaru,- Upaya meningkatkan karakter relegius dan jiwa kewirausahaan peserta didik, SMAN 5 Pekanbaru menggelar Khatam Qur'an, bazar kuliner dan pemakaian tanjak secara resmi sebagai muatan lokal yakni budaya Melayu.


Kolaborasi aktualisasi ekstrakurikuler yang di taja Kamis(25/10/2018) pagi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan  Riau yang diwakili Pengawas Pembina Joyosman,M.Si yang didampingi Kepala SMAN 5 Pekanbaru Selamet,S.Pd. Juga tampak hadir LAMR H.Syafrudin Sholeh,MA, Ketua Komite Mukhlis,MR,M.Si, Camat, Lurah, orang tua siswa, majelis guru, peserta didik dan undangan lainnya.


Acara khatam Qur'an dimulai dengan pawai ta'ruf yang diiringi oleh group kompang yang dimainkan oleh para siswa.

Memasuki arena Khatam Qur'an rombongan pawai ta'ruf disambut dengan persembahan pencaksilat yang tampilkan oleh para siswa.  Acara berjalan tertib dan lancar. Terlihat warga sekolah antusias mengikuti prosesi khatam Qur'an tersebut.

Ketua panitia Syamsurizal,M.Ag dalam sambutannya mengatakan acara khatam qur'an ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana setiap tahunnya digelar bagi siswa yang akan menamatkan pendidikannya di SMA 5 Pekanbaru.


Syamsurizal juga mengucapkan terimaksih kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang menyempatkan diri hadir, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada kepala sekolah, majelis guru, orang tua siswa dan komite yag telah mendukung terlaksananya khatam Quran.


" Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kadisdik, kepala sekolah, majelis guru, komite dan orang tua siswa yang telah berpartisifasi sehingga terlaksananya acara ini dengan baik dan sukses," ujar Syamsurizal.


Kepala SMAN 5 Pekanbaru Selamet,S.Pd dalam sambutannya mengatakan pergelaran khatam Qur'an ini merupakan implemtasi dari penguatan pendidikan karakter yakni nilai relegius.


Selain Khatam Qur'an, juga dilaksanakan Bazar kuliner dan  ketrampilan asisoris dari barang bekas yang merupakan bagian dari kewirausahaan. Kemudian dikolaborasi dengan muatan lokal(mulok) yakni pemasangan tanjak secara resmi dan makan bajambau yang merupakan budaya melayu.


Menurut Selamet, tujuan dari kegiatan ini bagaimana mengembangkan pendidikan karakter siswa agar cinta, mempelajari dan yang terpenting pengamalan ajaran yang terkandung dalam Al-qur'an. Selain itu, siswa dipersiapkan menjadi pengusaha muda yang kreatif dan inovatif. Sehingga ketika sudah sudah menamatkan  pendidikan disekolah nanti, bisa mandiri dan membuka lapangan kerja.

Dalam kesempatan tersebut, Selamat mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah mendukung pendanaan melalui BOS. Demikian juga kepada orang tua melalui komite.


" Saya ucapkan terimaksih atas dukungan pemerintah, orang tua dan komite. Sehingga terselenggaranya acara ini dengan sukses. Semoga melalui kegiatan khatam qur'an akan dapat meningkatakan karakter religius peserta didik, " harap Selamet optimis.

Sementara itu Joyosman atas nama Kadisdik Riau mengucapkan apresiasi setinggi-tinginya kepada keluarga besar SMAN  5 Pekanbaru yang telah melaksanakan kegiatan ekrakurukuler dan Kewirausahaan. 


" Kegiatan ini direncanakan  bersama, dilaksanakan bersama, dan dipertangjawabkan bersama pula. Artinya kegiatan ini dilaksanakan secara profesional dan proporsional," tegasnya.


Joyosman juga mengucapkan terimaksih kepada pihak sekolah yang telah melaksanakan pendidikan dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sepiritual.


Dikatakan, SMA 5 Pekanbaru telah mempersiapkan peserta dididk menjadi  generasi milinial yang qur'ani, berbudaya dan memilki jiwa kewirausahaan, pungkas Joyosman.


Ketua komite Mukhlis,M.Si menyebutkan pihaknya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ekstrakurikuler. Karena kegiatan tersebut sangat bermanfa'at bagi siswa dalam mengembangkan bakat dan minatnya.


" Kami dari komite mendukung sepenuhnya dan menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pihak sekolah dibawah kepemimpinan Pak Selamet yang telah melakukan berbagai inovasi dan ekstrakurikuler. Sehingga mampu meningkatkan kraetifitas peserta didik dalam mewujudkan cita-citanya dengan meraih segudang prestasi," pungkas Mukhlis optimis. (jun).




EmoticonEmoticon