Wednesday, 9 January 2019

Ciptakan Lingkungan Bersih, RW 03 dan RW 07 Kelurahan Wonorejo Teken MoU Sampah Dengan DLHK.

0 comments



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Guna menjaga lingkungan bersih, indah dan nyaman RW 03 dan RW 07 Keluarahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai adakan kerjasama dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan(DLHK) kota Pekanbaru.


Kerjasama atau Memorandum of Understanding(MoU) yang dilakukan antara kedua belah pihak yakni dalam pengelolaan dan pengangkutan sampah rumah tangga warga yang berada diwilayah RW 03 dan RW 07 Kelurahan Wonorejo, ungkap H.Tar Ajaman,S.Sos Lurah Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai di ruang kerjanya, Rabu(9/1/2019).


Menurut  Ajaman dikelurahannya ada 7 RW. Namun yang baru mengadakan Mou pengangkutan sampah dengan pihak DLHK baru 2 RW. Kedepan 5 RW lagi akan menyusul.


Dikatakan, kerjasama ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program Pemerintahan kota Pekanbaru yakni kebersihan, keindahan dan ketertiban untuk mewujudkan Kota Pekanbaru yang metropolitan madani, jelas Ajaman. 


Ajaman berharap kedepan seluruh RW diwilayah Kelurahan Wonorejo ikut melakukan kerjasama dengan pihak DLHK dalam pengelolaan pengangkutan sampah warga, harapnya.


Masih ditempat yang sama ketua RW 03 Sofiyan ketika dikonfirmasi mengakui memang pihaknya telah melakukan MoU dengan DLHk kota Pekanbaru dalam pengangkutan sampah rumah tangga di RW 03 dan RW 07.


Kerjasama ini, lanjut Sofiyan sudah berjalan sejak 4 tahun yang lalu. Respon masyarakat, khususnya di dua RW sangat positif.


" Alhamdulillah keejasama kita berjalan lancar. Warga sangat merasa senang, karena telah terbantu dalam masalah sampah," ujar Sofiyan.


Menurut Sofiyan, pada penanganan sampah yang tertuang dalam MoU tersebut dengan ketentuan 60 persen DLHK dan 40 persen Kas RW. Selama 4 tahun yang sudah berjalan ini cukup eksis, terangnya.


Lebih jauh, Sofiyan menyebutkan, dalam pelaksanaanya setiap dikenakan sumbangan sebesar Rp.10.000, -/Kepala keluarga. " Alhamdulillah sampai setakat ini warga tidak ada yang komplain. Bahkan warga sangat senang dengan adanya kerjasama ini," tegas Sofiyan. 


Rencananya, kedepan diharapkan seluruh 7 RW di Kelurahan Wonorejo, bahkan di Kecamatan Marpoyan Damai hendaknya dapat melakukan MoU dengan pihak DLHK dalam pengakutan sampah. Dengan demikian akan ciptanya lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. Masyarakatnyapun akan lebih sehat, pungkasnya.(jun).



No comments:

Post a Comment