Sebarkan Informasi Terupdate

Bentuk Generasi Qur'ani, SMPN 3 Pekanbaru Gelar Khatam Qur'an.




SuksesPos.com, Pekanbaru,- Sebanyak 156 siswa kelas IX SMPN 3 Pekanbaru mengikuti khatam Al-Qur'an yang dipusatkan di halaman sekolah, Sabtu(2/3/2019)pagi.

Sejak pagi peserta didik bersama orang tua siswa mengikuti pawai ta'ruf dengan mulai dari sekolah menuju jalan Melur, masuk ke jalan Lily, terus ke jalan Jendral, jalan Dahlia dan kembali ke sekolah. 
.
Kepala SMPN 3 Pelanbaru Asbullah,M.Pd dalam sambutannya menyebutkan, dengan digelarnya khatam Qur'an ke 7 ini diharapkan dapat membentuk generasi Qur'ani dan berakhlak mulia.

Asbullah mengatakan, Al-quran adalah sesuatu yang sakral dan suci. Ajaran yang terkandung didalamnya hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

" Kepada ananda diingatkan,  walupun ananda khatam Al-quran, bukan berarti tidak mengaji lagi, tidak mempelajari al-quran. Akan tetapi terus belajar. Walupun sudah melanjutkan pendidikan, bahkan sudah bekerjapun tetap terus belajar dan menerapkan ajaran Al-qur'an dalam kehidupan. Dengan demikian ananda adalah  generasi emas milenial yang menjadi pemimpin masa depan," tutur Asbullah.

Memurut Asbullah sebanyak 156 siswa kelas 9 yang mengikuti khatam Qur'an. Ada yang sudah hafal 2 juz bahkan lebih. Minimal hafal 22 surat dijuz 30. Kegiatan ini adalah hasil dari program Pemko Pekanbaru yakni sekolah mengaji dan mensukseskan Visi Kota. Menjadikan Pekanbaru sebagai " Smart City Madani".

Diharapkan, dengan adanya khatam Qur'an akan memberikan motifasi kepada peserta didik dalam mempelajari dan membumikan Al-qur'an. Sehingga siswa mempunyai kemapuan intelektual dan berahklak yang baik. Generasi inilah merupakan generasi emas qur'ani harapan bangsa, harap Asbullah.


Sekretaris Dinas Pendidikan kota Pekanbaru H.Muzailis,S.Pd,MM dalam arahannya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada kepala sekolah, guru dan orang tua siswa  yang telah menggagas untuk dilaksanakan khatam qur'an disekolah.

" Atas  nama Dinas Pendidikan, kami sangat mendukung dan berterimaksih kepada pihak sekolah yang telah melaksanakan rangkai acara khatam qur'an. Semoga kedepan akan lebih ditingkatkan lagi," tuturnya.

Muzailis mengatakan, Khatam qur'an bukanlah akhir dari mempelajari al-quran.  Akan tetapi awal untuk terciptanya insan millenial yang qur'ani. 

" Dengan mempelajari dan mengaplikasi ajaran yang terkandung dalam Al-Quran. Diharapkan siswa kita kedepan  bisa menjadi profesional yang baik dan berintegritas tinggi dengan mempersiapkan intelektual yang islami dan Qur'ani " tegasnya. 

Acara khatam berlangsung khidmat. Para siswa dan orang tua mengikuti dengan seksama dalam suasana agamis dan penuh kekeluargaan. Acara ditutup dengan do'a dan makan siang bersama.(jun).

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support