Sebarkan Informasi Terupdate

SMAN 8 Pekanbaru Gelar Psikotes Bagi Peserta Didik Baru.



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Seluruh peserta didik baru SMAN 8 Pekanbaru mengikuti tes Psikologi. 

Kegiatan Psikotes sudah menjadi agenda tahunan. Tujuanya untuk menentukan pemilihan jurusan IPA atau IPS bagi siswa baru, ungkap Plt. Kepala SMAN 8 Pekanbaru Joko Marhendro,MM diruang kerjanya, Kamis(11/7/2019) pagi.

Menurut Joko psikotes memang sudah program sekolah setiap tahunnya. Dimana setiap siswa baru wajib mengikutinya. Hal ini sangat penting. Karena hasil psikotes tersebut menjadi rekomendasi dari psikolognya bagi penentuan jurusan bagi peserta didik baru.

Dalam kegiatan psikotes tersebut, akan ada tes IQ maupuan minat dan bakat siswa. Sehingga kita dapat mengetahui jurusan mana yang cocok dengan siswanya.

" Melalui psikotes dan rekomendasi dari psikolognya, pihak sekolah tidak salah dalam menentukan jurusan bagi siswa baru," tutur Joko.

Ditempat yang sama Waka humas Amri,M.Pd menambahkan, dalam kegiatan psikotes tersebut SMAN 8 Pekanbaru bekerjasama dengan PT. Prima Karya Sarana Sejahtera Jakarta cabang Pekanbaru.

Menurut Amri, kegiatan digelar selama dua hari. Dimana pada hari pertama siswa mengikuti psikotes, dan pada hari kedua tes akademik.

Dikatakan, dengan diadakan psikotes, pihak sekolah dapat melihat sejauh mana kemampuan intelijensi dan akademik peserta didik.

Lebih lanjut, Amri menjelaskan, dalam penempatan jurusan, selain nilai rapor, nilai UN, tes akademik, juga psikotes dan minat bakat siswa.

Amri menyebutkan, setelah ditentukan jurusannya, dalam masa 6 bulan( satu semester) dilihat perkembangan. Kalau memang siswa bersangkutan tidak mampu, maka bisa dipindahkan jurusannya.

Ketua tim psikolog Medyana Putri Primasari,M.Psi.Skolog mengatakan dalam kegiatan psikotes ini, pihaknya menurunkan 20 personil.

Adapun materi yang dites tersebut yakni tentang minat anak, mengecek IQ, aspek kepribadian dan intelejensi.

" Setelah mendapatkan hasilnya, nanti kami( Psikolog) akan memberikan rekomendasi kepada pihak sekolah untuk menentukan penempatan jurusan bagi peserta didik baru," pungkasnya.(jun). 
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support