Monday, 7 November 2016

Ternyata!! Inilah 7 Alasan mengapa kita sering lapar meski sudah makan

Rasa lapar sebenarnya adalah naluri dasar setiap makhluk hidup secara berkala. bahkan jika seseorang tidak merasa lapar, itu bisa berarti dia dalam kondisi tubuh yang tidak sehat.

Akan tetapi, bagaimana dengan orang yang terlalu sering merasa lapar? Apakah itu juga pertanda tidak sehat?

Bisa jadi itu adalah masalah kesehatan tertentu. Sebelum lebih jauh, sepertinya kita akan membahas tentang penyebab mengapa orang merasa lapar, meskipun sudah makan beberapa saat yang lalu. Apa saja? Berikut ulasannya!


1.
Stres
Salah satu alasan orang sering merasakan lapar adalah dipicu oleh stres. Hal ini disebabkan oleh ketika stres tinggi maka hormon kortisol yang dilepaskan dalam tubuh meningkat. Itulah sebabnya mengapa ada beberapa orang yang jika stres malah ingin makan banyak..

2.Hyperthyroidism









Sering lapar juga bisa menjadi gejala dari hyperthyroidism. Yaitu suatu kondisi di mana hormon tiroid secara berlebihan ada di dalam tubuh Anda. Sehingga hal tersebut membuat Anda selalu lapar dan ingin makan.

3.
Obesitas



Ya, obesitas juga merupakan salah satu alasan mengapa Anda terus merasa lapar meski sudah makan. Kelebihan lemak dalam tubuh Anda dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin tubuh sehingga dalam kasus tertentu dapat membuat seseorang mengalami kelaparan ekstrem.

4.
Hypoglycaemia



Penyebab berikutnya adalah Hypoglycaemia atau suatu kondisi di mana gula darah berada di tingkat rendah, sehingga tubuh Anda mulai mendambakan lebih banyak makanan untuk diubah menjadi energi

5.
Menstruasi



Seperti yang sudah kita ketahui bersama, saat wanita mengalami masa menstruasu, banyak fluktuasi hormonal terjadi dalam tubuh. Tentu saja hal ini menyebabkan berbagai gejala, termasuk kelaparan ekstrem pada wanita. Kelaparan seperti ini juga akan terjadi pada masa pra-menstrual syndrom atau yang biasa dikenal dengan sebutan PMS

6.
Dehidrasi



Jangan salah, ketika tubuh kekurangan cairan atau bahasa kerennya adalah dehidrasi, maka sebagai gantinya akan merasa lapar untuk mengisi cairan dalam tubuh. Otak mungkin juga mengalami kesalahan dorongan untuk memerintah minum menjadi makan. Itulah sebabnya terkadang dehidrasi dapat merusak konsentrasi otak yang sebenarnya menginginkan air, malah meminta makanan..

7.
Efek samping obat



Dari semua daftar sebelumnya, ada pula penyebab lain dari seringnya seseorang merasa lapar, yaitu pengaruh efek samping dari obat tertentu. Nah, biasa obat-obatan yang mengalami efek seperti ini adalah antidepresan, obat alergi, antibiotik, dan lain sebagainya.


EmoticonEmoticon