Friday, 30 December 2016

Kasek SMA 14 Pekanbaru: Sekolah Ramah Anak Harus Ditunjang Fasilitas dan Budaya Sekolah.

Pekanbaru,SUKSESPOS.COM,- Kepala SMA 14 Pekanbaru Selamet,SPd mengatakan sekolah ramah anak dapat terwujud bila didukung oleh fasilitas yang memadai dan budaya sekolah yang baik. Tanda didukung oleh saran dan prasarana yang memadai dan budaya yang baik, sekolah ramah anak sulit terealisasi, kata Selamat melalui saluran selularnya ketika diminta tanggapannya, Kamis(28/12/2016).

Menurut Selamat fasilitas tempat bermain memadai, kantor hendaknya lebih representatif. Ruang terbuka hijau, bagus, dan  sehat. Toilet(WC) siswa Laki-laki dan perempuan itu jauh terpisah. Tempat ibadah mencukupi.Kemudian  tidak kalah pentingnya didukung oleh budaya sekolah yang baik. Seperti para guru  ramah dan berkomunikasi baik dengan anak didik, demikian pula tenaga  pendidik, jelas Selamet.

Dengan adanya kondisi sekolah yang demikian, tentunya tidak ada kesempatan anak untuk melakukan buling. Baik mengejek maupun merendahkan siswa lain. Yang lebih dikenal dengan tindakan  verbal yakni mengancam, mengejek, dan non verbal seperti menakut- nakuti teman, menjambak rambut, memukul dan cavier yaitu posting di media sosial.

Selain itu, lanjut Selamat,  juga bisa didukung kekhususan misi yang jelas. Apabila ini dapat diterapkan di sekolah, maka tujuan untuk menciptakan ketentraman, kenyamanan  siswa dan rasa enjoy di sekolah akan dapat tercapai. Inilah sebenarnya konsep sekolah ramah anak, terangnya.

Menanggapi konsep sekolah ramah anak yang diterapkan si seolah yang dipimpinnya, Selamat mengatakan, sudah dimulai kerah itu. Dimana kita sudah menyediakan  kotak saran. Sehingga kita bisa mendapatkan input dari siswa, sesuai dengan saran yag sampaikan peserta didik melalui kotak saran tersebut, pangkatnya


EmoticonEmoticon