Thursday, 12 January 2017

Ade Hartati Minta Agar Tenaga Kerja Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Tags

SuksesPos, Pekanbaru,- Anggota Komisi E DPRD Riau yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat, Ade Hartati Rahmad,M.Pd merasa resah dengan kondisi ketenagakerjaan khususnya peluang tenaga kerja lokal dalam mengisi peluang kerja yang ada di Riau terkait bebasnya tenaga kerja asing yang masuk pada era globalisasi terutama MEA (Masyarakat Eknomi Asean).

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) harus berinovasi bagaimana tenaga kerja lokal tetap jadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Ini memang sudah jadi keresahan kita. Apa lagi Riau merupakan pintu gerbang atau berbatasan langsug dengan negara lain. Masuknya tenaga kerja asing tidak bisa terelakkan.  Apalagi sudah era globalisasi atau Pemerintah sudah menyepakati adanya MEA. Jadi untuk keluar masuk kesebuah negara itu sudah bebas atau diperbolehkan," jelasnya.

Mau tidak mau menurut Politisi partai berlambang matahari terbit ini,  harus diatisipasi oleh Pemerintah Provinsi Riau terutama instansi terkait, Disnakertrans maupun Imigrasi.

"Koordinasi  antar instansi seperti apa terutama terhadap naker asing ilegal.  Kalau yang sah kita tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa mempersiapkan naker lokal agar bisa bersaing dan jadi tuan rumah di negeri sendiri," tambahnya.

Wakil rakyat dari Dapil Kota Pekanbaru ini mengatakan, Disnakertrans selaku ujung tombak lakukan inovasi, langkah-langkah atau upaya bagaimana lapangan kerja yang ada di Riau diperuntukkan bagi tenaga kerja lokal.

Bagaimana naker lokal itu memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada.  Harus punya strategi atau upaya-upaya untuk naker lokal dengan menjamin bisa bekerja atau mengisi lowongan yang ada.



EmoticonEmoticon