Wednesday, 11 January 2017

Siswa SMA 14 Laksanakan Pramuka Blok di Batusangkar

SuksesPos.com, Pekanbaru,- Siswa SMAN 14 Pekanbaru melaksanakan kegiatan  ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kurikulum 2013 yakni dalam bentuk pramuka blok di Batusangkar Sumatera Barat, kata kepala SMA 14 Pekanbaru Selamet,S.Pd, Rabu(11/1/2017).

Dikatakan, seiring dengan diberlakukannya kurikulum 2013, kepramukaan ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut.

 Karenanya, pelaksanaan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib dalam kurikulum 2013 diorganisasikan dalam model-model tertentu. Salah satunya dalam model blok yakni perkemahan yang dilakukan setahun sekali,diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Pramuka blok ini berlangsung selama lima hari hingga Sabtu(14/1) mendatang.

Lebih jauh Selamat menjelaskan, model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yang diikuti oleh siswa kelas X.  Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.
Karakteristik pelaksanaan  model blok pelaksanaannya diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Waktu pelaksanaan sistem blok untuk peserta didik tingkat SMA dilaksanakan selama 36 jam. 

Sebagai penanggung jawab kegiatan model blok adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus),  Sedangkan Pembina kegiatan adalah Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran (selaku Pembina Pramuka) dan Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina. "Kali ini pihak sekolah juga mengikut sertakan kwaran dan kwarcab, terang Selamat.
Menurut Selamat dipilihnya lokasi perkemahan tersebut, karena lokasinya  memang nyaman, aman,sejuk dan asri.

Melalui kegiatan pramuka blok diharapkan peseta didik akan lebih mandiri, disiplin dan bertanggungjawab, harap Selamat.(jun).


EmoticonEmoticon