Saturday, 28 January 2017

Upaya Tingkatkan PAD DPRD Riau Kunker Ke Batam.

Tags


SuksesPos.com, Pekanbaru - Komisi C DPRD Riau melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepri. Di sana, wakil rakyat berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola retribusi sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Di Batam, Kepri, soal retribusi langsung dikelola pihak swasta, seperti retribusi air permukaan. Berbeda dengan kita yang dikelola oleh sejumlah BUMD," kata Yulianti, Anggota Komisi C DPRD Riau, Jumat (27/1/2017).

Menurutnya, pengelolaan retribusi oleh pihak swasta lebih efektif jika dibandingkan dikelola oleh BUMD. Terutama segala data yang diinginkan, sudah sesuai dengan catatan yang dibuat pihak swasta.

"Kalau dikelola BUMD, kadang-kadang datanya tidak akurat. Berbeda dengan swasta, kalau swasta segala data pembukuannya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan," ungkap politisi asal Rokan Hulu ini.

Selain retribusi, pihaknya juga mendalami tentang sistem pembayaran pajak kenderaan bermotor. Di sana, jika seseorang ingin memperpanjang pajak kenderaan, cukup dengan menunjukkan poto kopi KTP. Beda halnya dengan di Riau yang mesti menunjukkan KTP asli.

"Menurut kami, cara seperti ini sangat efektif dan sangat membantu masyarakat. Cukup dengan membawa poto kopi KTP, pembayarannya juga bisa melalui ATM," jelas politisi Demokrat ini.

Terakhir, pihaknya berencana akan melakukan hearing dengan dinas terkait guna membahas apa yang ia dapatkan di Batam. Menurutnya, segala hal yang baik untuk meningkatkan PAD, tidak ada salahnya untuk diterapkan.(rtc)



EmoticonEmoticon