Monday, 6 February 2017

Banyak DPT Siliman, DPRD Pekanbaru Hearing KPU, Panwas dan Disdukcapil.

Tags


SuksesPos.com, Pekanbaru, - Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Pekanbaru yang akan diselenggarakan pada 15 Februari 2017 nanti, dinilai amburadul. Komisi I DPRD Pekanbaru memanggil pihak terkait.

Hearing ini dilaksanakan di ruang rapat Komisi I Lantai 1 gedung DPRD Kota Pekanbaru, Senin (6/2/2017). Dipimpin Ketua Komisi Hotman, didampingi Anggota Komisi I Ahmad Tarmizi, Maspendri, dan Ida Yulita Susanti, hadir juga Wakil Ketua DPRD Jhon Romi Sinaga dari Fraksi PDIP, hearing dihadiri juga pihak Disdukcapil, KPU, dan Panwaslu.

Hearing berlangsung alot dan panas. Karena Jhon Romi Sinaga sebagai wakil rakyat Dapil Tampan dan Payung Sekaki, menemukan secara langsung amburadulnya DPT ini. Bahkan Romi sempat berpikir, Pilkada Pekanbaru ini pantas ditunda dulu, karena masih amburadul.

"Saya telah melakukan tinjauan di lapangan seperti di TPS 53, 57, 60, di Kecamatan Tampan, dari DPT ratusan namun yang keberadaannya ada hanya puluhan saja, sementara selebihnya fiktif tidak tinggal di lokasi tersebut," kata Romi sambil memperlihatkan data yang didapatnya.

Romi tampak sangat marah terkait temuan ini namun tidak dapat dijelaskan dengan baik oleh Dukcapil, KPU, dan Panwaslu. Bahkan Romi mempersilahkan KPU dan tim ikut berjalan bersamanya ke RT-RT untuk memverifikasi kebenaran data yang dimilikinya ini.

"Data kami bisa dipertanggungjawabkan, ada sekitar 30 TPS yang kami datangi. Aetiap malam saya pulang jam tiga. Boleh jalan sama saya ke RT. Ini serius, terdaftar sebanyak ini, yang ada orangnya hanya beberapa, yang lainnya kemana," sebut Romi.

Romi juga minta KPU, Panwas, Dukcapil jangan menelan mentah-mentah data yang didapat, namun lakukan verifikasi. "Temuan kita banyak, anggota kita banyak, senjata pamungkas bagi saya nantinya, maka mari benahi 10 hari kedepan," pinta Romi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pekanbaru Baharuddin dalam rapat menjelaskan bahwa memang banyak warga yang masih memegang KTP Pekanbaru namun sudah pindah ke kabupaten tetangga, namun belum dihapus dari alamat lama.

Hadir Ketua Panwaslu Pekanbaru Indra Khalid Nasution didampingi komisioner Adil Sembiring, Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya didampingi komisioner.



EmoticonEmoticon