Monday, 13 February 2017

Bupati Bengkalis Kukuhlan Pimpinan Baznas Kabupaten

Tags

SuksesPos.com Bengkalis, - Bupati Bengkalis Amril Mukminin kukuhkan Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis terpilih periode 2017-2022 di Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Senin (13/2/17). Amril berharap dengan kepemimpinan yang baru, eksistensi Baznas lebih meningkat, sehingga keberadaanya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkalis. 

Adapun keempat pimpinan Baznas yang baru dilantik tersebut, antara lain Ketua H. Ali Ambar, Wakil Ketua I Rudi Iskandar, Wakil Ketua II Zulkifli, Wakil Ketua III Suhaili. 

“Zakat merupakan kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian, zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD,” ungkap Amril Mukminin. 

Armil berpesan, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan Kementerian Agama RI, merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bengkalis. 

Menurut Amril, ada empat faktor yang menurutnya dapat mendukung keberhasilan dari zakat, yaitu, pertama regulator. Pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional. Kedua, motivator, Kementerian Agama harus jadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini, ketiga, koordinator. 

“Ketiga Pengurus Baznas merupakan koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya. Dan keempat fasilitator, dalam hal ini Pemerintah Daerah sudah memberikan banyak fasilitas kepada Baznas Kabupaten Bengkalis seperti kantor, kendaraan, dana operasional dan sebagainya,” katanya lagi.



EmoticonEmoticon