Saturday, 18 February 2017

Kemenag Kota Pekanbaru Gelar Pelatihan Penyuluh Agama Islam Profesional

Tags


SuksesPos.com, Pekanbaru, Bimas Kementrian Agama(Kemenag) Kota Pekanbaru menggelar pelatihan penyuluh agama Islam PNS dan Penyuluh Non PNS. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kemenag kota Pekanbaru jln. Arifin Ahmad/Rambutan Marpoyan Damai Pekanbaru, Sabtu(18/2/2017).


Ketua pelaksana Dra.Hj. Elida dalam laporannya menyebutkan, pelatihan penyuluh agama Islam ini di laksanakan  sehari penuh. Kegiatan ini  diikuti 40 orang  penyuluh fungsional(PNS) dan  98 orang  penyuluh Non PNS.


Disamping membuka acara Kepala Kemenag kota Pekanbaru Drs.H. Edwar. S Umar, M.Ag juga sebagai nara sumber dengan materi kebijakan pemerintah terhadap penyuluh agama Islam dan persyaratan  perekrutan penyuluh agama Islam Non PNS.


Selain Kakemeng, nara sumber lainnya Kepala TU Drs.H.Dahlan Jamil,MA, Kabid Bimas Kemenag Riau Drs.H. Amad Taridi, MA dan Kasi Bimas H.Muhammad Nazar,S.Ag.


Menurut Elida, tujan dilaksanakan pelatihan  guna meningkatakan kinerja penyuluh agama Islam PNS dan penyuluh Non PNS.


"Saya berharap kegiatan peltihan ini dapat berjalan dengan tertib dan  lancar," harap Elida.


Masih ditempat yang sama Kepala Kemenag Kota Pekanbaru Drs.H.Edwar.S Umar, M.Ag dalam sambutannya menyebutkan penyuluh haruslah profesional dalam melaksanakan tugasnya ditengah -tengah masyarakat. Untuk itu setiap penyuluh haruslah meningkatkan kompetensi sebagai juru dakwah atau penyuluh.


Kemudian penyuluh  juga harus memahami masa depan. Dijelaskan, masa depan itu adalah kondisi hari ini ditambah dengan ide-ide berlian atau bernas ditambah lagi dengan aksi nyata, jelas Edwar.


Menurut Edwar,  manfaat kehidupan masa lalu Kita lebih mendiri. Jadi generasi yang lalu lebih mandiri dan lebih handal.


Untuk saat ini, lanjut Edwar, penyuluh  dihadapkan kondisi hari ini yakni persoalan  pornografi, narkoba dan banyaknya cerai gugut. "Inilah penyakit dunia moderen. Ini adaah tanggung jawab kita bersama baik kemenag maupun penyuluh agama. Maka  penyuluh agama Islam harus  berkualitas dan profesinal," ujarnya.


Lebih jauh Edwar menyebutkan,   Perpormen penyuluh agama Islam  itu tau apa yang harus dia lakukan. Petama bahwa tugas penyuluh agama itu bertugas memberikan pembinaan mental, moral dan ketakwaan kepatuhan kepada tuhan yang maha esa yaitu Alllah.SWT.

 

Selain itu, juga  menjelaskan hukum halal haram. Kemudian  cara syarat dan rukun ibadah tertentu. Seperti sholat, zakat, puasa, taharoh dan haji.


Kemudian pembinaan keluarga sakinah, kemasyarakatan dan kemasjidan. Penyuluh diharapkan memperbanyak materi keluarga sakinah, urainya.


Menurut Edwar setiap penyuluh harus dapat melaksanakan fungsi penyuluh yaitu fungsi informatif. Baik tentang pembangunan dan info agama maupun visi kemenang dan visi kota Pekanbaru.


Disamping fungsi informatif, penyuluh juga harus mengaplikasikan fungsi edukatif, konsultatif dan advokatif.


" Melalui pelatihan ini, diharapkan penyuluh agama Islam kota Pekanbaru akan lebih baik kinerja dan kompetensinya. Sehingga dalam melaksankan tugasnya dilapangan akan lebih berkualitas dan profesional, " harap Edwar optimis.(jun).




EmoticonEmoticon