Monday, 20 February 2017

Septina : Pers Sumber Informasi Akurat, Netral dan Profesional

Tags

SuksesPos.com, Pekanbaru,- Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2017 haruslah menjadi moment evaluasi bagi kalangan pewarta dan pekerja pers untuk bersaing secara sehat, positif dan edukatif dalam bingkai kemajuan teknologi saat ini. Pers juga harus mampu menjaga kedamaian, keberimbangan dan kesejukan bangsa.

Pesan tersebut disampaikan Ketua DPRD Riau Dra. Hj. Septina Primawati MM. Politisi Partai Golkar ini mengingatkan pers sebagai media informasi masyarakat menjaga profesional, netralitas dan tidak menghakimi.

"Bagi saya tentu saja pers diperlukan karena memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat. Memberikan ruang berita yang positif, sehingga masyarakat dapat menerima dengan baik. Karena itu pers harus adil, tidak memihak dan mampu mencerdaskan masyarakat," ujar Septina, kemaren.

Septina mengatakan, pers hari ini mendapat tempat yang mudah bagi ruang masyarakat. Informasi yang disampaikan tidak lagi hanya diterima kalangan tertentu, karena sudah didukung oleh kemajuan teknologi. Sehingga informasi dari berbagai wilayah dengan cepat dan mudah diakses oleh masyarakat.

"Istilahnya, berita bisa dibaca hanya dalam genggaman. Kemudahan ini tentu harus benar-benar dimanfaatkan oleh pekerja pers untuk tujuan positif, dalam membangun masyarakat yang cerdas," tambahnya.

Profesionalisme, ujar Septina, harus menjadi modal utama dengan menyajikan informasi yang mendidik dan menghibur.

"Profesionalisme tetap harus menjadi nomor satu, kemudian memberitakan yang sifatnya informatif, mendidik dan menghibur menjadi sebuah presentasi komposisi proporsional," katanya.

Ia juga mengingatkan penting memerangi hoax dengan menjadikan media yang kredibel. Kepada masyarakat juha harus terliti dalam menerima informasi. Karena persaingan antara pers profesional dengan media sosial saat ini tidak lagi ada pembatas.

"Tentu harapan kami pers bisa memberikan pemberitaan yang benar bukan hoax. Pers harus menjaga persatuan dan kesatuan, terutama mendorong Pemerintah Provinsi Riau dalam melaksanakan pembangunan bagi kepentingan masyarakat, selamat Hari Pers," tutup Septina.



EmoticonEmoticon