Sunday, 12 February 2017

Survei: Ahok-Djarot terpopuler tapi Anies-Sandi paling disukai warga

Tags



SuksesPos.com - Lembaga Survei Poltracking Indonesia kembali merilis hasil survei terbaru yang dilakukan pada 6-10 Februari 2017. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan, dalam survei kali ini popularitas calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) meningkat tajam. Ahok memperoleh popularitas sebesar 97,09 persen. Namun tingkat kesukaan warga terhadap Ahok hanya 63,73 persen.
Posisi kedua ada calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan dengan angka elektabilitas cukup tinggi yakni 94,78 persen. Kendati kalah popularitas dari Ahok, Anies justru paling disukai pemilih dengan presentase 83,86 persen.
Sementara calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono berada di peringkat ketiga dengan popularitas 93,27 persen. Meski demikian, Agus lebih disukai warga ketimbang pasangan Ahok- Djarot.
"Agus disukai sebanyak 78,67 persen," ujar Hanta Yudha saat memaparkan hasil survei di Hotel Sofyan Betawi, Jl. Cut Meutia No.9, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2).
Untuk tingkat popularitas calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menjadi yang tertinggi dengan perolehan 89,76 persen. Djarot juga disukai pemilih dengan persentase 66,73 persen. Setelah Djarot disusul calon wakil gubernur DKI nomor urut tiga, Sandiaga Uno. Sandiaga memperoleh popularitas sebesar 88,82 persen dengan tingkat kesukaan 80,95 persen. Di posisi terakhir ada calon wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Sylviana Murni dengan popularitas 87,08 persen dan tingkat kesukaan 70,71 persen. Dari data tersebut menunjukkan, Sandiaga sangat disukai warga ketimbang calon wakil gubernur DKI Jakarta lainnya.
Dari survei ini menunjukkan bahwa tingginya popularitas tidak berbanding lurus dengan kesukaan warga. Ahok-Djarot paling populer, namun pasangan Anies-Sandiaga justru yang paling disukai warga. Hanta menjelaskan, kondisi ini tidak lepas dari penampilan para calon gubernur dan wakil gubernur saat debat publik kedua. "Anies bagus debat kedua. Penguasaan masalah di debat kedua," ujarnya.
Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 6 Februari sampai dengan 10 Februari 2017, dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden yang dimintai pendapat sebanyak 800 orang warga DKI di atas 17 tahun.
Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang terlatih. Sementara Margin of error survei ini kurang lebih 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


EmoticonEmoticon