Wednesday, 22 March 2017

80 Guru Sejarah Malaysia Berkunjung Ke DPRD Riau

Tags

SuksesPos.com, Pekanbaru, - Dalam rangka mempererat hubungan budaya Malaysia dengan Riau, 80 guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Sejarah Malaysia (PGSM) lakukan lawatan (kunjungan) ke Riau. Mereka ditemui langsung Ketua DPRD Riau, Septina Primawati. 

"Program lawatan ini untuk menjalin kerjasama sejarah antar bangsa Malaysia-Indonesia, terutama Provinsi Riau. Karena Riau punya hubungan historis tersendiri dengan sejarah berdirinya Malaysia," kata Bahtiar bin Syukkur, ketua rombongan kepada​ wartawan di kediaman ketua DPRD Riau, Selasa malam (21/03/17). 

Ia pun menjelaskan, lawatan ke Riau merupakan bagian dari program nasional bertajuk "Jalinan Antarbangsa Pendidikan Sejarah Merentas Nusantara" yang digagas pemerintah Kerajaan Malaysia bagi guru-guru pengajar di tingkat sekolah menengah atas. 

"Harapan dari kegiatan ini, supaya nanti dapat dijadikan satu referensi sejarah ke depan bagi anak didik," ungkapnya. 

Sebelum bertemu dengan ketua DPRD Riau, pihaknya terlebih dahulu laksanakan seminar serantau dengan Universitas Riau yang dilanjutkan dengan mengunjungi SMAN Plus, Pekanbaru. 

"Kami telah menjalin kerjasama pertukaran sejarah dengan pihak UNRI. Insyaallah akan ada kunjungan balasan dan pertemuan lebih lanjut," terangnya. 

Sementara itu, Septina Primawati tampak terharu dengan kunjungan para guru PGSM yang dianggapnya merupakan sebuah kehormatan. Ia tidak lupa memberikan cenderamata kepada para guru, salah satunya memberikan buku sejarah tentang perjuangan Pahlawan Nasional, Tuanku Tambusai. 

"Bagaimana pun antara Malaysia dan Riau punya hubungan kedekatan emosional yang baik. Tentu, kami sangat menyambut baik kedatangan mereka, semoga hubungan yang baik ini terus terjalin," harapnya.



EmoticonEmoticon