Thursday, 9 March 2017

Anies-Sandi Bakal Jemput Bola Dalam Layanan Kesehatan

Tags


SuksesPos.com, Jakarta - Cagub-Cawagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno berjanji akan memberikan pelayanan kesehatan yang terjun langsung ke warga. Berbagai hambatan untuk mencegah warga jatuh sakit dikatakan Anies harus dihilangkan.


"Secara umum memang kita ingin menjemput bola, turun ke warga. Dan semua hambatan-hambatan bagi usaha preventif itu harus dihilangkan," ujar Anies di kediamannya di Jalan Lebak Bulus Dalam II, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2017).


Anies menyebut banyak menerima laporan beberapa relawan kesehatan yang mendapat kendala saat hendak memberi pelayanan ke warga. Jika terpilih, pihaknya akan lebih pro aktif turun ke warga memberikan pelayanan kesehatan.



"Tadi dikeluhkan juga bagaimana kader jumantik tidak bisa mengakses kantor, mengakses pabrik, mengakses rumah, karena dilarang masuk. Padahal itulah yang dibutuhkan untuk mencegah DBD untuk muncul. Nah, jadi ini contoh-contoh bahwa kami akan lebih aktif bahkan kalau perlu pro aktif dan kami akan tidak menunggu tapi justru lebih pro aktif," imbuh Anies.


Anies menekankan bahwa di zamannya nanti tenaga medis akan hadir bersama masyarakat. Mereka akan melakukan penyuluhan kesehatan yang sifatnya promotif dan preventif.


"Jadi mereka belum tentu dokter, tapi orang orang yang mengetahui dan bisa membantu warga untuk bisa hidup sehat dan gaya gaya hidup sehat. Menjamin lingkungan itu bersih, lingkungan itu sehat, dan warga juga sehat," imbuh dia.


"Dan bila ada potensi masalah kesehatan sesegera mungkin ada intervensi ada langkah-langkah untuk mencegah menjadi lebih buruk. Dan lalu ini harus kerja dekat dengan puskesmas sebagai ujung tombak. Jadi kami nanti akan perluas itu, RW Siaga yang tadi pernah disentuh misalnya jangan hanya ada namanya tapi kegiatannya terbatas. Kita perluas kegiatannya, itu yg ingin kita lakukan," kata Anies.



EmoticonEmoticon