Wednesday, 15 March 2017

Gubri Tolak Teken Tuntutan Pendemo Suku Sakai.

Tags

SuksesPos.com, Pekanbaru,  - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman temui ratusan masyarakat Suku Sakai yang tengah menyampaikan aspriasi menuntut kepada PT Ivo Mas mengembalikan tanah ulayat mereka seluas 24 ribu hektar. Kemudian kehadiran orang nomor satu di Riau ini juga dimanfaatkan massa dengan menyodorkan surat pernyataan untuk ditandatangani perihal tuntutan mereka soal tanah ulayat yang dikalim sudah serobot PT Ivo Mas. 

Soal tuntutan massa yang meminta Gubernur Riau meneken dari tuntutan mereka, Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) langsung merespon harus mengkajinya terlebih dahulu. "Nanti kita kumpulkan, berdasarkan data itu baru kita kaji," kata Andi, Rabu (15/3/17). 

Andi beralasan, perlunya mengumpulkan data karena persoalan yang menjadi tuntutan tersebut tidak semua menjadi kewenangan Pemprov. Selain kabupaten ada juga kewenangan pusat. Pernyataan orang nomor satu di Riau ini langsung direspon massa dari Suku Sakai agar Andi banyak beretorika. 

Apalagi menurutnya, persoalan ini bukan disampaikan kali ini saja. Sebelumnya juga pernah disampaikan kepada Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harofie, beberapa waktu lalu. Lebih lanjut, massa juga meminta kalau pun Pemprov hanya bisa mengurusi yang menjadi kewenangan Pemprov, massa juga mendesak tidak masalah, terpenting bagaimana bisa diselesaikan. 

"Kalau pun memang Pemprov hanya bisa menyesalaikan kewenangan mana yang menjadi kewenangan, kami minta segera selesaikan. Kami akan tunggu sampai selesai," ujar Korlap aksi dari masyarakat Suku Sakai, Soni. 

Sampai Gubernur Riau meninggalkan kerumunan massa, belum ada solusi yang dihasilkan soal tuntutan dari masyarakat Suku Sakai tersebut. Sementara usai meninggalkan massa, Andi sempat memberikan pernyataan bahwa dirinya tidak mungkin tiba-tiba menandatangani tuntutan tanpa melakukan kanjian terlebih dahulu. "Tak mungkin tiba-tiba saya memberikan tandatangan," ujar Andi lagi.



EmoticonEmoticon