Thursday, 4 May 2017

DPRD Riau Sebut SK 903 Kemen LHK Tidak Berpihak Ke Masyarakat

Tags

SuksesPos.com, Pekanbaru, - Dari 1 juta 50 hektar luas lahan yang ditambah dalam SK 903 (SK RTRW Riau yang baru dikeluarkan Kemen LHK), 300 sampai 400 ribu hektar bakal dikeluarkan dari kawasan hutan. 

"Dalam SK 903 yang dikeluarkan Kemen LHK, banyak yang tidak mengakomodir kepentingan masyarakat Riau. Banyak yang berpihak kepada perusahaan," kata Asri Auzar, Ketua Pansus RTRW Riau kepada riauterkinicom, Kamis (04/05/17). 

Kemudian ia menyebut, 300 sampai 400 hektar nantinya akan dikeluarkan dari kawasan hutan. Lahan yang dikeluarkan tersebut merupakan lahan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat Riau dan fasilitas umum. 

"Yang dikeluarkan itu seperti, berkaitan dengan desa, fasuo fasum, infrastruktur, pelabuhan internasional, ruang terbuka hijau dan lainnya. Tapi ini sifatnya belum final, nanti akan kita bahas lagi dalam rapat internal Pansus," ungkapnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, tanggal 10 nanti, pihaknya berencana akan mengadakan rapat dengan KPK, Kementerian LHK, Kementerian Agraria dan Tata Ruang guna menyelesaikan persoalan RTRW Riau. 

"Bagi kita, lahan yang tertuang dalam RTRW Riau mesti mengedepankan kepentingan masyarakat Riau dan fasilitator umum," tutup politisi Demokrat ini.



EmoticonEmoticon