Thursday, 6 July 2017

Dua Puskesman Di Meranti Bersertifikat Akreditasi Dari Kementerian Kesehatan

Tags


SuksesPos.com, Selatpanjang,  - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tebingtinggi dan Alahair telah memiliki sertifikat akreditasi. Sertifikat tersebut langsung diserahkan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi yang merupakan hasil evaluasi dan penilaian dari tim independen dari Kementerian Kesehatan RI.

Penyerahan sertifikat dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, Rabu (5/7/2017) kemarin. Puskemas Tebingtinggi meraih akreditasi madya dan Puskesmas Alahair mendapat akreditasi dasar.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulaan Meranti, Irwan Suwandi mengatakan, penilaian kedua puskesmas tersebut meliputi dari aspek administrasi manajamen pelayanan, upaya pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan, dan upaya pelayanan kesehatan dengan melihat fasilitas dalam gedung.

"Kita (Dinas Kesehatan, red) telah melakukan pembinaan dan pendampingan selama 9 bulan hingga proses akreditasi dilakukan oleh tim Survei dari Kemenkes RI. Berkat kerja keras dan dukungan lintas sektor, akhirnya Puskesmas Tebingtinggi meraih akreditasi madya dan Puskemas Alahair meraih akreditasi dasar," ujarnya.

Sementara Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi mengapresiasi atas tempat pelayanan kesehatan di Kepulauan Meranti telah memiliki sertifikat langsung dari Kementerian Kesehatan RI. Namun, ia berharap akreditasi yang diraih saat ini dapat ditingkatkan hingga akreditasi paripurna.

Kemudian bagi Puskesmas yang belum meraih akreditasi, dia meminta segera mempersiapkan diri untuk proses survei selanjutnya agar seluruh Puskemas yang ada di Kepulauan Meranti mengantongi sertifikat akreditasi.

"Demi peningkatan mutu pelayanan kesehatan, tingkatkan terus kualitas menuju akreditasi paripurna, dan bagi yang belum segera persiapkan diri agar dapat meraih akreditasi," kata dia.

Diraihnya sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas sudah semakin baik. Dengan begitu, peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang dilakukan Pemda Kepulauan Meranti dipusat pelayanan kesehatan telah menjawab tuntutan masyarakat akan kebutuhan pelayanan kesehatan yang prima.

Jika sebelumnya akibat keterbatasan fasilitas, banyak masyarakat yang dirujuk keluar daerah seperti ke Pekanbaru dan Tanjungbalai. Kini berkat fasilitas dan prestasi yang semakin baik, jumlah pasien yang dirujuk semakin menurun.

Begitu juga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) jalan Dorak, Kepulauan Meranti yang sebelumnya telah mengantongi akreditasi bintang. Jumlah pasien yang berobat hanya berkisar 40 hingga 50 per hari, tetapi kini sudah mencapai sebanyak 200 pasien. Hal ini karena ditunjang oleh ketersediaan dokter spesialis dan fasilitas sudah mulai normal.

"Kedepan saya ingin dokter spesialis tidak hanya di RSUD, tetapi juga di Puskesmas agar masyarakat merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik," kata Bupati Irwan



EmoticonEmoticon