Wednesday, 5 July 2017

Kadisdik Tinjau Pelaksanaan PPDB di SMPN 13 Pekanbaru

Tags


SuksesPos.com, Pekanbaru,- Kepala Dinas Pendidikan(Kadisdik) Kota Pekanbaru H.Abdul Jamal, M.Pd  meninjau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) di SMPN 13 Pekanbaru.


Menurut Jamal, pada hari pertama, Rabu(5/7/2017) pelaksanaan PPDB disekolah dasar dan menengah pertama berjalan kondusif, tertib dan lancar.


Jamal meminta kepada  masyarakat khususnya orang tua siswa baru, janganlah memilih- milih sekolah. Karena  daya tampung sekolah negeri itu hanya 50 persen saja. Sementara yang 50 persen lagi ditampung oleh sekolah swasta.


Dikatakannya bahwa setiap tahunnya, juga tahun ini, siswa yang akan masuk sekolah negeri rata- rata mencapai 14 ribu siswa. Yang dapat ditampung oleh sekolah negeri hanya 50 persen saja. Yakni 7 ribu siswa. Sisanya ditampung oleh sekolah swasta. Untuk itu, Kadisdik menyarankan agar orang tua tidak memaksakan untuk masuk ke sekolah tertentu saja. Masih banyak sekolah swasta yang kualitasnya juga bagus, saran Jamal.


Terkait dengan jalur tempatan atau lingkungan, Jamal menyebutkan, untuk jalur tempatan yakni siswa yang berdomisili sejauh radius 500 meter dari sekolah dengan memperlihatkan Kartu Keluarga. Kalau melebihi kuota, tentunya akan direngkingkan juga. Namun sekolah juga dapat memperluas radiusnya,  jelas Jamal.


Ditempat yang sama kepala SMPN 13 Pekanbaru Dra.Hj.Desmi Erwinda,M.Pd ketika dikonfirmasi menyebutkan kouta SMP 13 Pekanbaru tahun ini mencapai 320 siswa.


Lebih jauh lagi Desmi mengatakan, untuk jalur reguler sebanyak 201 siswa, jalur lingkungan atau tempatan 20 persen, anak guru 5 persen, luar kota 5 persen dan jalur prestasi 5 persen.


Pada hari pertama pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik, tidak ada kendala, tertib dan lancar. " Saya berharap pelaksanaan kondusif, tertib dan lancar hingga hari terakhir nantinya," pungkas Desmi.(jun).



EmoticonEmoticon