Monday, 3 July 2017

Mendikbud Minta Sekolah Akomodir Siswa Tempatan.


SuksesPos.com, Pekanbaru,  - Hari ini, sekolah mulai melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dihimbau, seluruh sekolah tetap mengakomodir warga sekitar yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak. 

Adalah yonase atau yang dulu dikenal istilah dengan rayon sekolah tetap mengakomodir para calon siswa yang ada di sekitaran sekolah dengan radius tertentu. Sehingga tak ada lagi siswa terpaksa mencari sekolah yang jaraknya jauh, karena ditolak setelah gagal seleksi. 

"kebijakan yonase sekarang (rayon). Kita ingin perlindungan semua peserta didik mendapatkan pelayanan yang layak, jadi yang jadi patokannya adalah siswa yang diukur jarak tempat tinggal atau radius. Sehingga tak terjadi karena proses seleksi gagal lalu mencari sekolah lain, terutama keluarga tak mampu," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendi saat jumpa pers, usai membuka acara Olimpade Sain (OSN) di Gelanggang Remaja, Senin (3/7/17). 

Hal ini tidak lain papar menteri, agar pemerataan pendidikan juga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang kurang mampu. 

"Bayangkan betapa banyak yang ditolak, lalu dikumpul dalam sekolah tak unggulan yang jaraknya jauh. Ini tak boleh lagi," ujar menteri lagi.‎

Apalagi hal seperti ini bertentangan dengan semangat pemerintah yang ingin pemerataan pendidikan dalam segala lapisan. Karena itu, Yonase dipandang solusi dalam menciptakan pemerataan pendidikan tersebut. 

Lebih lanjut, Mendikbud juga menegaskan jika selama penerimaan peserta didik baru ditemukan ada pungutan liar (Pugli) agar melaporkan kepada Tim Saber Pungli. Menurutnya, dalam era keterbukaan saat ini, hal seperti itu tak lagi boleh terjadi. 



EmoticonEmoticon