Monday, 4 September 2017

Proyek Toilet Depan Istana Siak Dinilai Melecehkan Cagar Budaya.

Tags



SuksesPos.com, Siak,  - Proyek pembangunan toilet di depan Istana Siak saat ini sedang dikerjakan Dinas Pariwisata Siak, menuai kecaman. Toilet itu dinilai melecehkan bangunan istana yang merupakan cagar budaya nasional itu.

Bangunan toilet itu tepat di depan sisi kanan pagar depan Istana Aserayah Al-Hasyimiyah atau biasa disebut Istana Siak. Sebagian kalangan menilai pembangunan toilet di depan istana yang sangat disakralkan masyarakat Siak tersebut sangatlah tidak patut.

Andy bin Usman Yem, salah seorang Tokoh Pemuda dari Kota Siak seperti dikutip datariau.com dari monitorriau.com mengaku sangat menyayangkan sikap Dinas Pariwisata Kabupaten Siak yang mendirikan bangunan WC atau toilet di depan objek wisata Istana Siak yang adalah merupakan Warisan Cagar Budaya Nasional.

"Kami menganggap Dinas Pariwisata Siak telah lancang mendirikan bangunan toilet di depan situs paling bersejarah ini. Apalagi tanpa koordinasi dan musyawarah dengan tokoh masyarakat, tokoh adat serta lembaga adat setempat," ujar Andy.

Menurutnya, protesnya terhadap pembangunan toilet di lingkungan Istana Kerajaan Siak tersebut dilakukan sangat meresahkan dan melukai hati masyarakat Siak. Dia takut hal tersebut bisa menimbulkan gejolak karena sangat bertentangan dengan adab, adat, nilai estetika alamiah, kearifan budaya lokal serta sopan santun.

"Kami mendesak Dinas Pariwisata segera menghentikan pembangunan toilet tersebut dan segera memindahkannya ke tempat lain melalui musyawarah dengan berbagai pihak," pungkasnya.



EmoticonEmoticon