Friday, 22 September 2017

Sambut Tahun Baru Islam, MTsN 3 Bukit Raya Pekanbaru Gelar Muhasabah Akbar.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, -Menyambut tahun  baru Islam, 1 Muharram 1439H, MsN 3 Unggulan Karakter Bukit Raya Pekanbaru menggelar muhasabah akbar. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah Jum'at(22/9/2017) pagi. Dapam acara muhasabah tersebut tampak   hadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Drs.H. Ahmad Supardi,MA, Kakamenag Pekanbaru Drs.H.Edwar.S.Umar,M.Ag, Kasi Madrasah Drs.H.Dahlan Jamil,MA, Camat Bukit Raya, lurah Simpang Tiga, Kapolsek Bukit Raya, Danramil, Komite sekolah, Tokoh masyarakat dan orang tua siswa serta warga sekolah.


Dalam Sambutanya Kepala MTsN 3 Unggulan Karakter Bukit Raya Pekanbaru Drs.H.Darusman,M.Pd menyebutkan Muhasabah akbar ini dilaksanakan sempena menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1439 H.


Disamping itu, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan. Dimana setiap tahunnya digelar. Hari ini merupakan yang ke tiga kalinya gelar, jelas Darusman.



Menurut Darusman, kegiatan digelar dengan tujuan agar stiap insan, terutama peserta didik dapat menginstopeksi diri, apa saja yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Sehingga akan ada perubahan kearah yang lebih baik lagi. 


"Diharapkan melalui kegiatan muhasabah, siswa dapat mengkoreksi apa saja yang telah di perbuat selama ini dalam belajar disekolah maupun dalam pembentukan kepribadian dan akhlak yang mulia," ujar Darusman.



Kakanwil Kemenag Riau H.Ahmad Supardi,MA dalam arahannya menyebutkan, agar peserta didik senantiasa menuntut ilmu pengetahuan. Baik ilmu umum maupun ilmu agama tanpa di kotomi atau dipisahkan.


Dikatakan, menuntut ilmu itu merupak kewajiban setaip muslim laki- laki maupun perempuan. Selain itu, orang yang berilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah,SWT.


Menurut Ahmad Supardi, orang yang sukses adalah orang- orang yang selalu meningkatkan kompetensi pengetahunanya dengan banyak membaca dan belajar baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Untik itu dia menghimbau agar para siswa terus giat belajar sampai jenjang yang lebih tinggi lagi yakni sampai ke jenjang Sarjana(S1), Magister(S2) dan Doktor(S3).



Sementara itu Kakamenag Kota Pekanbaru H.Edwar.S.Umar,M.Ag menyarankan agar orang tua selalu memberikan minimal 3 pertanyaan kepada anak. 


" Saya sarankan agar Bapak dan Ibu orang tua siswa minimal memberikan 3 pertanyaan kepada anak. 1. Apakah anak sudah sholat, 2. Apakah anak sudah membaca Al-qur'an atau mengaji, 3 apakah anak sudah belajar, " ungkap Edwar.


Tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Syamsurizal,S.Ag menerangkan tentang pentingnya berbuat baik kepada kedua orang tua. Dijelaskan, berbuat baik kepada kedua orang tua menduduki tempat kedua amal utama yang dicintai Allah setelah sholat tepat pada waktunya.


Ustad Saymsurizal juga menjelaskan, durhaka kepada orang tua merupakan dosa besar kedua setelah syirik kepada Allah,SWT. Ustadz mengajak seluruh jemaah agar selalu berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua.


Kemudian dilanjutkan dengan muhasabah yang dipimpin Ustadz Parlindungan Hasibuan,MA. 


Ribuan jemaah yang hadir, siswa dan orang tua tampak larut dalam muhasabah. Mayoritas terdengar isak dan tangis dengan cucuran air mata yang mengalir begitu deras dari para jemaah setelah mendengarkan tausiah dari ustadz Parlindungan yang memimpin muhasabah.


Usai muhasabah seluruh jemaah tampak puas dan salibg bersalam- salaman bahkan ada yang saling merangkul satu sama lainnya.

Pada kesempatan tersebut siswa dan warga MTsN Bukit Raya menggalang dana sebesar Rp.12 juta  yang akan disumbangkan untuk Muslim Rohingya Myammar. Juga memberikan santunan kepada siswa kutang mampu. Kegiatan trrsebut  di hibur oleh tim Nasid MTsN Bukit Raya.(jun).







EmoticonEmoticon