Saturday, 21 October 2017

Kepsek SDN 112 Pekanbaru : KKM Menentukan Keberhasilan Sekolah.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, Kepala SDN 112 Pekanbaru Weyn Mardiani,S.Pd mengatakan Kreteria Ketuntasan Minimal(KKM) merupakan standart menentukan keberhasilan sekolah. KKM adalah kreteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan belajar  dalam satu mata pelajaran. Karena KKM menunjukan kualitas dan kesuksesan sekolah, maka KKM harus ditetapkan oleh pihak sekolah dalam hal ini guru dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran(MGMP) kemudian baru ditetapkan oleh kepala sekolah, ungkap Weyn ketika dikonfirmasi Sabtu(21/10/2017).


Menurut Weyn KKM sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi siswa dan sebagai instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran.


Lebih lanjut dijelaskan, ada tiga indikator yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM. Ketiga i dokayor tersebut  adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake. 


Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan termasuk penguasaan materi pembelajaran oleh guru bidang studi. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, alat praga, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik, terangnya.


Dikatakan, bagi siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan, artinya siswa bersangkutan tidak tuntas, maka dilakukan remedial atau diulang kembali ujiannya. 


Terkait KKM di sekolah yang dipimpinnya saat ini, Weyn mengatakan, sedang dlam proses penetapan KKM.(jun).



EmoticonEmoticon