Thursday, 19 October 2017

Khatam Qur'an dan Peresmian Mushalla Ar-Rahman SMPN 13 Pekanbaru Berjalan Sukses

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Pelaksanaan khatam Al-qur'an siswa kelas IX dan peresmian penggunaan Mushalla Ar-Rahman SMPN 13 Pekanbaru berlangsung sukses. Kegiatan yang dimulai dengan pawai takruf, khatam qur'an dan peresmian Mushalla dipusatkan dihalaman sekolah, Kamis(18/10/2017) pagi.


Tampak hadir Asisiten III Pemko Pekanbaru DR.Hj.Mutia Eliza,MM, Komisi III bidang pendidikan DPRD Pekanbaru Drs.H. Tarmizi Muhammad, Kadisdik H.Abdul Jamal,M.Pd, Kabid SMP H.Muzailis,M.Pd Camat Sail Saputra, S.Ip, Kapolsek limapuluh, lurah, ketua komite, orang tua siswa dan undangan lainnya. 


Ketua komite Ir.Afrizal Usman dalam laporannya menyebutkan, sampai setakat ini pembangunan Mushalla sudah menelan aggaran sebesar Rp. 313. Juta. Sedangkan dana yang dibutuhkan mencapai Rp.500 juta.


" Alhamdulillah kurun waktu setahun sudah berdirinya Mushalla yang begitu megah.  Ini berkat partisifasi dari semua pihak. Dari walimurid dan siswa. Termasuk acara peresmian ini juga terselenggara berkat kerjasama komite dan pihak sekolah. Kami ucapkan terimakasih," tutur Afrizal.


Sementara itu kepala SMPN 13 Hj. Desmi Erwinda, M.Pd. Dalam sambutannya menyebutkan berdirinya mushalla Ar-Rahman sekolah secara swadaya warga sekolah termasuk alumni.


Dikatakan mushalla ini dapat menunjang pelaksanaan ibadah yakni ibadah sholat berjamaah dan sarana pembinaan kerohanian yakni mengaji dan kegiatan keagamaam lainnya.


" Setiap hari, masuk waktu sholat, siswa dan majelis guru melaksanakan sholat berjamaah sampai 6 trib, " ujar Desmi.


Dikatakan, saat ini  siswanya tercatat 1.250 orang, sedangkan Guru dan TU sebanyak 80 orang. Selain melaksanakan program sekolah mengaji, SMP 13 sudah meraih prediket sekolah adiwiyata nasional dan sekolah ramah anak. "Dengan kehadiran Bapak dan Ibuk tentunya menjadi suppot bagi kami dalam membangun dan melaksanakan pembinaan keagamaan bagi peserta didik, tegas Desmi.


Masih ditempat yang sama ketua komisi III DPRD Kota Pekanbaru Drs. Tarmizi Muhammad mengatakan,  sebagai wakil rakyat pihaknya sangat senang dan bahagia karena SMP 13 telah menggelar acara akbar yakni khatam Al-quran dan peresmian Mushalla SMP 13 Pekanbaru.  Hal ini sesuai dengan visi Pemko Pekanbaru yakni menjadikan masyarakat metropolitan yang madani. 


Dalam kesempatan tersebut, Tarmizi mengajak para siswa untuk  bisa belajar dan membaca Al-quran. " Budayakan membaca Al-quran. SMP 13 sudah hebat dan besok akan lebih hebat lagi karena mampu membangun mushalla secara swadaya. Kedepan tentunya dapat meramaikan atau memakmurkan sarana ibadah ini  dengan sholat berjamaah," himbaunya.


Asisten III DR.Hj. Mutia liza, MM mewakili Walikota Pekanbaru dalam arahannya mengatakan atas nama Pemko Pekanbaru menyampaikan aprisiasi  atas partisifasinya dalam pembangunan mushalla di lingkungan SMP 13 ini. Dengan harapan mushalla dapat dijadikan sarana peningkatan iman dan taqwa.


" Dengan adanya Mushalla ini dapat meningkatkan semangat ibadah. Seperti sholat berjamaah., " ucapnya.


Menurut  Mutia, Pemko Pekanbaru mempunyai berbagai program pemberdayaan masyarakat berbasis RW. Adanya sekolah mengaji, magrib mengaji, Program berbasis rumah ibadah. Setakat ini dikota Pekanbaru ada 71 Masjid paripurna. Kemudian  adanya program pegawai mengaji, termasuk guru dan TU sebelum memulai aktifitas kerja. Pemko juga telah membangun  SMP Madani. Hal ini mendukung untuk terujudnya masyarakat madani.


" Saya ucapan selamet dan sukses kepada anak didik yang khatam Al-quran. Selain mampu membaca Al-qur'an dengan baik, juga dapat mengamalkan ajaran yang terkandung dalam Al-qur'an. Mushalla ini hendaknya dapat dimanfaatkan untuk peningkatan amal ibadah dan pembinaan kerohanian peserta didik," pungkas Mutia.(jun).



EmoticonEmoticon