Monday, 20 November 2017

Hadapi Ujian Nasional, SMP 16 Pekanbaru Taja Simulasi UNBK

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Sebanyak 234 siswa SMPN 16  Pekanbaru akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK). Hari ini Senin(20/11/2017) seluruh siswa kelas IX mengikuti  simulasi UNBK yang bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Jalan Pelajar Pekanbaru.

 

Kepala SMP 16 Pekanbaru Erliaty,S.Pd ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin(20/11/2017) mengatakan simulasi UNBK ini dilakukan untuk melatih siswa agar   tidak canggung lagi nantinya ketika mengikuti UNBK sebenarnya.


‘’Simulasi UNBK ini kami lakukan sesuai dengan intruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam pelaksanaan simulasi ini, siswa  dibagi dalam 6 ruang dengan  sistim  3 sesi,’’ ujarnya.


Menurut Erliaty, simulasi UNBK ini semacam ujicoba materi atau Try Out (TO) kepada siswa. Bedanya, TO yang selama ini dilakukan manual, sedangkan UNBK  menggunakan komputer. Hal ini melatih peserta didik  agar  terbiasa dan terlatih mengerjakan soal secara online.


‘’Simulasi ini dilaksanakan bertujuan untuk melatih siswa dengan sistem komputer. Sehingga, saat UNBK nanti, siswa tidak canggung lagi dan sudah cukup mengerti bagaimana sebenarnya cara ujian dengan sistim komputerisasi,’’ ucapnya.


Dikatakan, sekolah yang dipimpinya baru tahun ini melaksanakan UNBK. Makanya pihak sekolah sudah melakukan Memorandum of Undertanding(MoU) dengan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. 


" Alhamdulillah kita sudah MoU dan sepakat, bahwa pelaksanaan UNBK nantinya di SMk Muhammadiyah 2 Pekanbaru," ujar Erliaty.


Menurut Erliaty, sebenarnya para siswa sudah diajarkan di sekolah cara menggunakan komputer yakni pada pelajaran TIK. Tentunya siswa tidak akan kesulitan dalam menggunakan komputer. Namun untuk menghadapi UNBK perlu dilakukan simulasi.


" Saya berharap melalui simulasi,  peserta didik benar -benar mengerti dan memahani bagiamana cara ujian dengan sistim komputer. Dengan demikian siswa tidak lagi ragu atau bingung ketika mengikuti UNBK  nanti," harap Erliaty optimis.(jun).




EmoticonEmoticon