Friday, 10 November 2017

Lestarikan Budaya Nusantara, SMAN 8 Pekanbaru Taja Pergelaran Seni Tari Tradisional

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Guna melestarikan budaya nusantara, SMAN 8 Pekanbaru taja pergelaran seni tari tradisional. Kegiatan pegelaran seni tari tardisional ini menampilkan berbagai tari tradisional dari 34 provinsi di Indonesia. Dimana pergelaran ini merupakan agenda tahunan resmi, hari ini sudah tahun ke dua digelar, kata kepala SMA 8 Pekanbaru Tavip Tria Chandra,S.Pd dalam sambutannya sekalis ketika membuka pergelaran secara resmi, Jum'at(10/11/2017) pagi.


Dikatakan,  melalui pergelaran seni tari, diharapkan para siswa dapat melestarikan budaya nusantara yang menjadi budaya nasional. Sehingga akan dapat merajut persatuan dan tumbuh rasa cinta kepada budaya bangsa.


Menurut Tavip, kedepan kegiatan ini tidak lagi dilaksanakan oleh kelas XII lagi, akan tetapi hanya dilaksanakan oleh kelas XI saja. Dengan demikian siswa kelas XII tidak tersita waktunya. 

Sementara itu waka humas Darmina,M.Pd menambahkan, tujuan dari pergelaran seni tari ini juga adalah menambah nilai psikomotorik dalam mata pelajaran senin budaya.   Para juara nantinya juga  akan tampil besok Sabtu(11/11)  pada ekspresi Riau pos. 


Sedangkan  tim juri, lanjut Darmina, diambil dari luar, dengan maksud agar lebih objektif penilainnya. Selain seni tari, juga diadakan bazar yang merupakan implementasi dari pelajaran prakrya, kewirausahaan dan budaya  melayu.


Pergelaran senin tari dan bazar ini kebetulan  diseting pada tanggal 10 Nopember 2017 sempena hari pahlawan. Kegiatannya ini juga dapat meningkatkan kreativitas dan talenta siswa yang berkaitan dengan hari sumpah pemuda. 


Menurut Darmina, kegiatan seni tari  sudah dipersiapkan jauh hari.  Adapun Tema yang diangkat  "Melestarikan adat, seni dan budaya kita untuk membangun generasi bangsa yang bermoral".


Ditempat yang sama Ketua Komite sekolah Delisus memyambut baik dan memberikan aprisiasi digelarnya acara seni tari tradisional. 


" Kami dari komite sekolah memberikan support. Selamat kepada sekolah dan siswa. Semoga anak didij dapat mengambil  manfaat dari pergelaran ini," harapnya.(jun).





EmoticonEmoticon