Sunday, 18 February 2018

Santri TPQ Al-Hijrah Antusias Ikuti Didikan Subuh Perdana.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Santri Taman Pendidikan Al-Qur'an(TPQ) Al-Hijrah Perumahan Ikhwan Riau Pratama RT 04 RW 13 Kelurah Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya antusias mengikuti acara didikan subuh perdana Minggu (18/2/2018) pagi.


Kepala TPQ Al-Hijrah Ustadz Junaidi,S.Ag yang didampingi gurunya Torgan,S.Sy dan Muliyadi mengatakan bahwa pagi ini merupakan didikan subuh perdana bagi santri TPQ. Karena usia TPQ baru dua pekan.


"Alhamdulillah para santri sangat antusias dan senang mengikuti didikan subuh pada pagi ini. Maklumlah baru kali yang pertama. Semoga peserta didik bersemangat semuanya dan acaranya berlansung dengan sukses dan lancar, " ujar Junaidi.


Dikatakan, selama ini belum adanya TPQ di Mushalla Al-Hijrah. Karena banyaknya anak usia sekolah yang berada diperumahan, maka pengurus Mushalla bersama masyarakat berinisiatif mendirikan TPQ. Dengan harapan anak-anak dapat dididik untuk bisa membaca Al-qur'an dengan baik dan mempelajari ilmu agama.


Lebih jauh Junaidi menjelaskan, selain mempelajari Al-qur'an, para santri juga di ajarkan bimbingan praktek ibadah seperti cara berwudu', tayamum, sholat, penyelenggaraan jenazah dan lainnya. Santri juga diberikan pembinaan tauhid(keimanan) dan pembentukan akhlakul karimah.


Khusus  acara didikan subuh ini merupakan kegiatan ekstra bagi santri untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diajarkan oleh para ustadz dan ustadzah di TPQ. 


"Melalui acara didikan subuh ini, para santri dapat menampilkan kemampuannya. Seperti membaca Al-qur'an, membaca Hadist, doa-doa harian, surat pendek dan sholawat nabi. Sehingga kita dapat melihat sejauh mana ilmu yang ajarkan dapat di serap oleh santri," terang junaidi.


Masih ditempat yang sama Koordinator Seksi Pendidikan dan Dakwah Mushalla Al-Hijrah Sabri Harahap,SH ketika dikonfirmasi mengakui memang baru di bentuknya TPQ di Mushalla Al-Hijrah.


"Kami masyarakat berharap dengan dibentuknya TPQ ini akan dapat membina dan membentuk generasi Qur'ani. Dimana anak-anak kita bebas dari buta aksara Al-qur'an," tutur Sabri.


Diakui Sabri, untuk setakat ini TPQ Al-Hijrah masih banyak lagi yang harus dilengkapi seperti menambah gurunya, meja tulis siswa, Al-qur'an dan buku-buku agama.  Sedangkan Izin Operasional dari Kementrian Agama Kota Pekanbaru dalam proses. Insya Allah dalam waktu dekat sudah keluar, jelas Sabri.


Menurut Sabri saat ini jumlah santrinya sudah mencapai 50 orang santri dan akan terus bertambah. Karena masih ada anak-anak dilingkungan perumahan ini yang belum mendaftarkan diri.


Keberdaan TPQ ini sangat besar perannya dalam pebentukan dan pembinaan bagi putri- putri di perumahan ini. Untuk itu dukungan dan partisifasi masyarakat sangat diperlukan bagi kemajuan TPQ Al-Hijrah kedepan, urai Sabri.


" Berkat kerjasama dan dukungan masyarakat moril maupun finansial, Saya yakin, TPQ Al -Hijrah akan lebih maju lagi dimasa mendatang," pungkasnya Optimis.(spc).





EmoticonEmoticon