Thursday, 26 April 2018

Siswa SMPN 10 Bicara Soal UNBK

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) sudah selesai dilaksanakan. Mulai dari hari Senin(23/4) hingga hari ini Kamis(26/4/2018).


Untuk hari terakhir siswa mengikuti ujian mata pelajaran IPA. Untuk soal di SMP sangatlah berbeda   dengan soal ujian SMA yang sempat diberitakan dimana soal ujian terlalu sulit. Bahkan melenceng dari kisi-kisi soal yang diajarkan disekolah. Rupanya, soal UNBK SMP tidak terlalu sulit," ungkap salah seorang siswa SMPN 10 Pekanbaru Aprilia, Kamis (26/4) setelah selesai mengikuti  UNBK di SMKN 1 Pekanbaru.


Aprilia mengaku soal baik bahasa indonesia dan bahasa inggeris, tidak jauh berbeda dengan kisi kisi yang dipelajari disekolah. Ada persamaan dengan kisi kisi yang diberikan sekolah hampir 80 persen." Soal tidak jauh berbeda dengan kisi kisi yang diberikan guru di sekolah. Ya,  sekitar  80 persen. Yang agak sulit itu matematika dan IPA ada yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diajarkan di sekolah.Namun saya belum tahu apakah yang saya jawab itu betul atau tidak, ungkapnya.


Ifan dan Jaya juga mengakui soal UNBK tidak terlalu sulit hanya saja ujian matematika ada yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diwaktu try out. " Soal matematika inilah yang agak sulit sedikit, Itupun tidak banyak, Bahasa Indonesia dan bahas inggeris tidak sulit Om, katanya.


Hal senada disampaikan oleh siswa lainnya Esa, awalnya sempat deg degan juga.   Namun hal ini tidak terlalu kwatir karena UNBK bukan penentu kelulusan siswa." Santai aja bang, tak ada rasa takut,  Tapi kalau menjadi  stadar kelulusan, ya saya kwatir juga. Sekarang kelulusan ditentukan sekolah," ucap Esa. 


Diakuinya juga memang soal matematika yang agak sulit sedikit, IPA belum tau bang, saya baru mau masuk, paparnya sambil menunggu sesi kedua.


Sementara Kepala SMPN 10 Pekanbaru Hj.Raja Izda Chairani,S.Pd mengatakan  tahun ini ada 346 siswa SMPN 10 yang ikut UNBK yang dibagi dalam 5 ruangan dengan 2 sesi. Sedangkan pengawas silang, 5 proktor dan 1 teknsi." Kami optimis siswa mendapatkan nilai terbaik. Hal ini karenakan para siswa sudah diberikan pembekalan materi dengan mengikuti trobosan, try out dan simulasi," tegas Raja. (jun)



EmoticonEmoticon