Wednesday, 9 May 2018

Hebat, 50 Siswa SMA 2 Pekanbaru Sukses Ikut Program PISA Internasional

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, Hebat, inilah kata yang pantas dipersembahkan buat  SMAN 2 Pekanbaru. Dimana satu-satunya SMA di Riau yang mengikuti Program for International Student Assessment(PISA) yang berpusat di negara Swiss.


Program penilaian pelajar tingkat Internasional  ini adalah penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga-tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun, dan penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Organisation Economic Co-operation Development (OECD). Tujuan dari studi PISA adalah untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak sekolah di seluruh dunia, dengan maksud untuk meningkatkan metode-metode dan mutu pendidikan.


Kepala SMA 2 Pekanbaru Drs.Kasim ketika dikonfirmasi Rabu(9/5/2018) diruang kerjanya menyebutkan 50 siswanya telah sukses mengikuti  program PISA internasional. 


" Alhamdulillah dari 200 siswa yang mengikuti seleksi, 50 siswa yang berhasil. Ini patut disyukuri dan sangat membanggakan, karena satu-satunya SMA di Riau yang berhasil ikut program PISA Internasional ," ujar Kasim.


Menurut Kasim, masuknya 50 siswa pada PISA Internasional menunjukan berkualitasnya pendidikan SMA 2 Pekanbaru secara Nasional dan pada Level Dunia.


Lebih jauh dijelaskan, mata pelajaran yang diuji yakni  IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia. 


Sebelumnya, lanjut Kasim, peserta didik mengikuti bimbingan dari guru bidang studi untuk menganalisa soal yang diuji. Dimana bimbingan tersebut dilakukan oleh 3 orang guru yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan di Bogor. Sedangkan Kepala sekolah dan proktornya mengikuti pelatihan di Medan.


Kedepan, pihak sekolah terus meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kopetensi guru melalui berbagai training sesuai dengan bidang studi yang diajarkan dengan harapan mampu mendongkrak kemampuan peserta didik. Sehingga nilai yang diperoleh siswa akan lebih baik lagi, pungkas Kasim optimis.(jun).




EmoticonEmoticon