Wednesday, 2 May 2018

SMA 5 Pekanbaru Gelar Upacara Hardiknas, Tiga Guru Purnabakti Dilepaskan

Tags


SuksesPos.Com,- Keluarga besar SMA 5 Pekanbaru mengikuti  upacara Hari Pendidikan Nasional(Hardiknas) Rabu(2/5/2018) pagi di halaman sekolah.


Kepala SMA 5 Pekanbaru  Selamet,S Pd sebagai pembina upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan Nasional RI Prof. Muhajir Efendi.Dalam pidatonya Menteri Pendidikan menyampaikan  melalui Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Allah Yang Mahakuasa. Sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara. 

 

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktek pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. 


Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan. 


Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.


Kemudian Selamet menambahkan, pada Momentum Hardiknas, kepada seluruh warga sekolah untuk melakukan berbagai kreasi dan  inovasi untuk kamajuan pendidikan di sekolah, ajaknya.


Lebih lanjut Selamet menyampaikan ucapan terimakasih kepada para guru yang masuk masa pensiun.


" Atas nama sekolah dan siswa, saya ucapkan terimakasih kepada tiga orang guru yang purnabakti atas  pengabdian dan jasa yang telah diberikan kepada sekolah serta mendidik siswa di SMA 5 ini. Semoga menjadi amal ibadah di sisi Allah, SWT," tutur Selamet.


Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan pelepasan 3 orang guru yang masuk masa purnabakti atau pensiun.


"Setelah 36 mengajar di SMAN 5, barulah kali ini, guru yang masuk purna bakti dilepas dihadapan siswa dan guru. Biasanya, pelepasan guru yang masuk purna bakti hanya sesama guru. Kali ini guru dan siswa, saya sangat terharu dan ini sangat spesial bagi kami bertiga," kata Afni Zukhra.


Selain Afni Zukhra, ada dua guru lagi yang memasuki masa pensiun yakni Hj. Suhartini guru  geografi dan Dra. Mida Lena guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi. Afni yang sehari guru BK, diberi kesempatan memberikan motivasi kepada siswa agar terus belajar. Sebab, pendidikan yang menentukan arah masa depan ananda semuanya. Usai memberikan motivasi, secara giliran kepala sekolah, guru dan siswa bersalam salaman dengan guru purna bakti.(jun)




EmoticonEmoticon