Tuesday, 3 July 2018

Daya Tampung PPDB SMA 8 Pekanbaru Capai 320 Siswa.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Pada Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) untuk tingkat SMA di Provinsi Riau tahun pelajaran 2018/2019 menerapkan sistim zonasi. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No 14 tahun 2018 dan Pergub No 38 tahun 2018 tentang PPDB. Selain memakai sistim zonasi,  kuota atau daya tampung sekolah juga sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau sesuai dengan ruang kelas yang tersedia. 


" Tahun ini SMA 8 Pekanbaru daya tampungnya sebanyak 320 yang dibagi kedalam 10 rombel," kata Kepala SMA 8 Pekanbaru Tavip Tria Chandra, S.Pd melalui Ketua panitia PPDB Erwan Martias,S.Pd di ruang kerjanya, Selasa(3/7/2018).


Menurut Erwan, tahun ini kuota PPDB SMA 8 mencapai 320 orang siswa. Kuota tersebut sudah ada anak dari daerah dimasukan melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah(ADEM) yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau sebanyak 8 orang siswa. Kemudian ditambah anak  guru dan tenaga kependidikan SMA 8 sendiri yang jumlahnya ada 3 orang. Sehingga total siswa Zonasi sebanyak hanya 276 siswa. Sedangkan jalur prestasi 5 persen dan luar zonasi( dalam dan luar Provinsi) 5 persen.


Lebih jauh  Erwan menyebutkan, untuk zonasi SMA 8 mencangkup Delapan Kelurahan. Kedelapan kelurahan tersebut  yakni Kelurahan Tengkerang Utara, Cinta Raja, Suka Maju,  Tengkerang Labuai, Tengkerang Selatan, Simpang Empat,  Jadirejo( RW 4) dan Wonorejo(RW-1 dan RW-5).


Dikatakan, Keunggulan dari sistim zonasi ini  memberikan kesempatan kepada anak dari lingkungan terdekat sekolah untuk mendapatkan pelayanan pendidikan.   Artinya sangat besar peluang calon siswa yang tinggal disekitar lingkungan sekolah. 


Selain itu, lanjut Erwan, adanya pemerataan kampuan atau kompetensi  anak. Kemueian dapat pula mengurangi kemacetan di jalan. 


" Saya berharap calon peserta bisa menjaga ketertiban selama PPDB berlangsung. Sehingga pelaksanaan PPDB dapat berjalan aman dan  lancar," pungkas Erwan.(jun).




EmoticonEmoticon