Thursday, 19 July 2018

Kepsek SMP 16 Pekanbaru : Dengan Zonasi Terjadinya Persaingan Antar Sekolah.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) mulai tahun pelajaran 2018-2019 dilaksanakan dengan sistim zonasi. Diberlakukannya sistim zonasi ini sudah dikaji terlebih dahulu oleh pemerintah keunggulan dan kelemahannya. Dengan dilakukan sisitim zonasi ini akan terjadinya persaingan antar sekolah, kata kepala SMP 16 Pekanbaru Erliaty,S.Pd ketika diminta tanggapannya tentang sistim zonasi yang baru dilaksanakan Kamis(19/7/2018) diruang kerjanya.


Menurut orang nomor satu di SMP 16 Pekanbaru ini, dengan diterapkan sistem zonasi sekolah akan mendapatkan input siswa yang cukup berpariasi. Dimana ada siswa yang memilki inteligen atau kecerdasan yang tinggi dan ada yang kecerdasannya rendah(lemah). Artinya ada pemerataan input siswa yang berpariasi. Dengan demikian tidak ada lagi sekolah favorit. Sehingga sekolah akan bersaing secara sehat untuk meningkatkan mutu sekolahnya masing-masing. Tentunya akan ditentukan bagaimana kepiawaian seorang kepala sekolah dalam memenegnya dengan menejerial yang baik. Kemudian didukung oleh seluruh stokeholder dimasing-masing sekolah serta partisifasi komite, orang tua dan masyarakat, urainya.


Lebih lanjut, Erliaty menyebutkan, sebenarnya masyarakat sudah mengerti. Bahwa sistim zonasi yang diterapkan pemerintah dalam penerimaan siswa baru sangat meguntungkan dan mempermudah masyarakat sekitar sekolah yakni memberikan  peluang besar bagi anak disekitar lingkungan sekolah. Namun sangat disayangkan, sekolah tidak bisa menampung secara keseluruhannya, karena terbatasnya kapasitas ruangan kelas. Disisi lain ada sekolah yang kekurangan siswanya.Hal ini juga nanti akan dievaluasi dan menjadi pertimbangan pemerintah untuk membangun unit sekolah baru didaerah yang memang jumlah penduduknya cukup padat.


Terkait penerimaan siswa baru di sekolah yang dipimpinnya, Erliaty mengatakan, tahun ini sekolahnya menerima 6 kelas.(jun)



EmoticonEmoticon