Friday, 3 August 2018

Kadisdik Ingatkan Sekolah Adiwiyata Jangan Jadi Sarang Nyamuk.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru H.Abdul Jamal,M.Pd ingatkan kepada sekolah yang meraih adiwiyata jangan menjadi sarang nyamuk.


Setakat ini sudah cukup banyak sekolah di kota Pekanbaru yang berstatus sekolah adiwiyata baik tingkat kota, provinsi, nasional bahkan adiwiyata mandiri. Namun jangan sampai sekolah yang rindang dengan pohon yang hijau tersebut menjadi sarang nyamuk, kata Abdul Jamal ketika ditemui sejumlah wartawan anggota  Forwadik diruang kerjanya, Jum'at(3/8/2018) pagi.


Menurut orang nomor wahid dijajaran Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru ini, dirinya sudah melihat, ada sekolah adiwiyata yang pohonnya sangat rimbun demikian juga tanaman lainnya, sehingga menjadi sarang nyamuk. Kalau sudah demikian, nanti anak didik kita pula mengidap demam berdarah. 


Makanya , kami himbau dan ingatkan kepada sekolah adiwiyata yang pohonya audah rimbun agar di pangkas atau di potong kemudian ditata lagi dengan baik, tegas Jamal.


Dikatakannya, pohon yang besar dan  rimbun disekolah, selain bisa menjadi sarang nyamuk, juga akarnya dapat merusak bangunan sekolah. Untuk itu, kami mohon kepada sekolah yang memiliki pohon besar agar dapat di potong.


Terkait adanya penilaian adiwiyata oleh pihak BLH kepada sekolah-sekolah, Jamal menyarankan. Agar sekolah mempersiapkan diri untuk menjadi sekalah berwawsan lingkungan tersebut. Namun jangan sampai memberatkan orang tua siswa. Pada perinsifnya pihak Dinas sangat mendukung dan berupaya meningkatkanya dari tahun ketahun. Namun jangan dipaksakan, tandas Jamal.


 " Jangan ada pemaksaan dan jangan dipaksakan. Sesuaikan aja dengan kemampuan sekolah. Karena biaya untuk adiwiyata itu cukup besar. Jangan dipungut biaya kepada orang tua siswa. Pandai-pandailah kepala sekolah bermusyawarah dan berkoordinasi dengan komite, orang tua siswa dan masyarakat. Bisa saja siswa membawa bunga yang ada dirumahnya masing-masing untuk disumbangkan ke sekolah, "terangnya.(jun)





EmoticonEmoticon