Thursday, 13 September 2018

Kembangkan Jiwa Enterpreneur, Siswa SMA 5 Pekanbaru Kunjungi DUDI.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Guna menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur peserta didik, SMA 5 Pekanbaru melakukan kunjungan ke Dunia Usaha dan Dunia Industri(DUDI). 


Kunjungan sekolah ke pihak DUDI tersebut dilaksanakan  Selasa(11/9/2018) ditempat pengolaham ikan salai pasca panen dan ke budaya kebun jeruk di Kabupaten Kampar. Tujuannya agar anak termotifasi untuk mandiri, ungkap Selamet,S.Pd kepala SMA 5 Pekanbaru di sekolahnya, Rabu(12/9/2018). 


Selain mengajarkan siswa untuk mandiri, setidaknya mengembangkan jiwa enterpreneur yakni jiwa kewirausahaan. Dengan demikian  mereka bisa mandiri dan bisa menghadapi era global.  Apabila mereka(siswa) mempunyai jiwa kewirausahaan setelah tamat sekolah nantinya, mereka  bisa bersaing secara sehat, jelas Selamet.


 

Dipilihnya tempat pengolahan ikan salai dengan tujuan agar siswa mampu membudidayakan dan mengolah ikan. Baik itu ikan lele, motan maupun ikan paten. Ikan ini bukan saja dijadikan ikan salai, akan tetapi juga bisa diolah menjadi abon dan naget. Demikian juga kebun jeruk, siswa nantinya bisa membudidayakan tanaman buah. Bukan saja jeruk, tetapi juga tanaman buah lainnya. Seperti jambu kristal, lengkeng dan buah naga, terang Selamet.


Menurut Selamet, kunjungan DUDI ini sengaja dilaksanakan pada hari libur nasional agar tidak mengganggu jam belajar peserta didik. Kegiatan ini juga merupakan emplementasi dari pelajaran kewirausahaan(KWH).


Dengan adanya kegiatan kunjungan ketempat usaha dan industri masyarakat. Diharapkan siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat membuka usaha sendiri dan tentunya menjadi seorang pengusaha yang mandiri, harapnya optimis(jun).




EmoticonEmoticon