Thursday, 20 September 2018

Mantap, PIK-R SMP 16 Pekanbaru Telah Terbentuk.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Kepala SMPN 16 Pekanbaru Eliarty,S.Pd mengapresiasi pembentukan Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK - R) di sekolah yang dipimpinnya.


" Alhamdulillah disekolah kita ini telah terbentuk PIK- R. Semoga wadah ini dapat memberikan kontribusi bagi peserta didik untuk mendapatkan berbagai informasi guna mempersiapkan diri dalam merencanakan kehidupan berkeluaga kedepan," ujar Erliaty, Rabu(19/9/2018) diruang kerjanya.


Terbentuknya PiK-R ini, lanjut Erliaty merupakan tindak lanjut kerjasama sekolah dalam hal ini Dinas Pendidikan dengan pihak terkait yakni Dinas Kesehatan, BKKBN dan BNN.


Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang lebih dikenal dengan PIK-R adalah suatu wadah kegiatan Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PPKBR) yang memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.


PIK Remaja sendiri merupakan bagian dari Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) yang kemudian oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dibagi menjadi dua yaitu Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa).


Erliaty mengatakan, tujuan umum dari PIK Remaja adalah untuk memberikan informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills) dan pelayanan konseling bagi remaja atau siswa. Juga hal- hal yang berhubungan dengan aktifitas negatif remaja.


Menurut Erliaty pembentukan Pik-R sangatlah perlu mengingat usia sekolah adalah usia labil yang sangatlah rentan akan pengatuh negatif seperti narkoba dan sek bebas. Makanya dengan bantuan para guru BK, PIK-R yang dibentuk sangat berguna bagi perkembangan dan pertumbuhan para remaja khususnya anak didik.


" Saya berharap dengan terbentuknyaPIK-R ini akan dapat memberikan motifasi tersendiri kepada siswa untuk melakukan aktifitas positif baik disekolah maupun dilingkungan tempat tinggalnya, " harapnya optimis.(jun).




EmoticonEmoticon