Thursday, 13 September 2018

Siswa SDN 80 Pekanbaru Mendapat Sosialisasi dan Simulasi Sikat Gigi dan CMTPS Dari Puskesmas Rejosari

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru,- Ratusan siswa SDN 80 Pekanbaru mendapatkan sosialisasi dan simulasi sikat gigi yang baik dan benar serta  Cara Mencuci Tangan Pakai Sabun(CMTPS) yang baik dan benar.


Dari pantauan dilapangan, terlihat para siswa senang dan antusias mengikuti praktek menggosok gigi dan cuci tangan dengan bimbingan para medis dan guru disekolah.


Pagi ini Kamis(13/9/2018) puskesmas Rejosari memberikan sosialisasi dan simulasi cara menyikat gigi yang baik dan benar serta cara mencuci tangan yang baik, kata Drg.Riana yang didampingi perawatnya Susan.


Menurut Riana ada enam langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Keenam langkah tersebut yakni  membasahi tangan dengan memakai sabun yang diusap ketelapak tangan, terus  punggung tangan. Sela-sela jari, gerakan mengepal tangan, gerakan mengunci, ujung kuku jari ke tepalak tangan. Setelah itu dibasuh dibawah air mengalir kemudian dikeringkan pakai handuk bersih. 


Lebih jauh, dikatakannya bahwa kegiatan sosialisasi dan simulasi ke sekolah ini merupakan program puskesmas Rejosari. Tujuannya agar siswa lebih sehat dan bersih menuju sekolah Fit for shool yaitu sekolah sehat, jelas Riana. 


Masih ditempat yang sama Kepala SDN 80 Pekanbaru Hj. Nurbaiti Yusuf, S.Pd,M.Pd menyebutkan pihaknya menyambut baik dengan diberikan sosialisasi dan simulasi oleh pihak puskesmas. 


Kegiatan ini sebenarnya, adalah kerjasama program puskesmas Rejosari dengan SDN 80 Pekanbaru.  Hal ini merupakan salah satu program binaan sekolah yang  disinergikan dengan program puskesmas. 


Dikatakan, praktek menyikat gigi serta mencuci tangan yang baik dan benar ini juga adalah  salah satu item penilaian dan pendukung program menuju sekolah sehat. 


Dengan adanya sosialisasi dan simulasi ini diharapkan kesehatan gigi dan mulut peserta didik dapat terjaga. Sehingga siswa dapat pula menerapkannya dirumah masing-masing, harap Nurbaiti.(jun).




EmoticonEmoticon