Thursday, 4 October 2018

Ardha dan Yonefi Reza, Dua Siswa SMAN 3 Pekanbaru Ikut Olimpiade Sosiologi Tingkat Nasional di Surabaya.

Tags


Ardha dan Yonefi Reza bersama Kepsek H.Erdani,M.Pd dan Guru Pembimbingnya.


SuksesPos.com, Pekanbaru,- Ardha dan Yonefi Reza siswa kelas XII IPS 1 dan IPS 3 SMAN 3 Pekanbaru telah berhasil lolos seleksi secara online olimpiade sosiologi SLTA sederajat tingkat nasional.


Dari 303 peserta yang ikut, SMAN 3 Pekanbru menduduki  rengking ke 3 se Indonesia. Sehingga siswa kita mewakili Sumatera pada olimpiade sosiologi yang diselenggarakan Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada tanggal 6 Oktober mendatang, kata H.Erdani, M.Pd kepala SMA 3 Pekanbaru ketika ditemui diruang kerjanya, Kamis(4/10/2018) pagi.


 

Menurut orang nomor wahid di SMA 3 Pekanbaru ini, masuknya siswa kita sebagai duta Riau dan  Sumatera ini, menunjukan baiknya kualitas pendidikan di SMA 3 Pekanbaru.


" Ivent bergengsi ini merupakan upaya dalam mengasah kompetensi siswa. Sekaligus memacu semangat juang siswa untuk berkompetitif secara sehat, jelas Erdani.


Saya yakin siswa kita mampu bersaing dengan peserta lain se Indonesia. Mudah-mudahan menjadi sang juara pula, " harap Erdani optimis.

 

Ditempat yang sama guru pembimbingnya Afna Yusam Kemala, MSi  menyebutkan dua siswanya  Ardha(kelas XII IPS 1) dan Yonefi Reza( kelas XII IPS 3) akan mewakili sekolahnya mengikuti olimpiade sosiologi tingkat nasional yang digelar oleh Univeraitaa Negeri Surabaya.

 

"Dalam olimpiade ini, siswa diuji dengan pengetahuan dan penalaran ilmu sosiologi, secara online (CBT). Dimana, siswa kita diberi 100 soal dalam waktu 100 menit. Dan penilaiannya itu dilihat dari kecepatan dan ketepatan. Alhamdulillah, siswa kita bisa mengerjakan 100 soal dalam waktu 47 menit. Inilah yang menjadikan siswa kita meraih rangking 3 dari 303 peserta," ucap Afna.

 

Afna menambahkan, acara kompetisi ini dilaksanakan dengan 3 tahap antara lain pada babak penyisihan, semifinal dan babak final. 

 

"Untuk babak semifinal sendiri terdapat 68 peserta sedangkan pada babak final tersisa 6 peserta. Ajang ini juga merupakan kompetisi yang paling bergengsi karena bisa meningkatkan mutu dan kualitas siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan khusunya sosiologi," tuturnya.


Lebih lanjut Afna menjelaskan, dalam menghadapi olimpiade nanti, siswanya telah banyak dibimbing dan dilatih. Dengan harapan siswa kita menjadi pemenangnya.


Sementara itu Yonefi Reza yang didampingi Ardha ketika dikonfirmasi mengatakan dirinya senang dan bangga bisa mengikiti ajang bergengsi ini.


" Saya merasa senang bisa ikut olimpiade sosiologi tingkat nasional ini pak. Kami yakin bisa menang," tegasnya optimis.(jun).



EmoticonEmoticon