Wednesday, 3 October 2018

Siswa Kelas XII SMA 12 Pekanbaru Laksanakan TBS

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Sebanyak 110 siawa kelas XII SMAN 12 Pekanbaru mengikuti Test Bakat Skolastik (TBS) pada Rabu(3/10/2018) Oktober 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di aula komputer sekolah. TBS adalah sebuah tes  yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang yang dimanatinya.


Menurut Kepala SMAN 12 Pekanbaru, Hj. Ermita,S.Pd, MM, tes ini dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang dan dapat dijadikan salah satu standar ujian masuk perguruan tinggi maupun tes penyaringan untuk keperluan bekerja.


"TBS merupakan tes untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi baru. TBS terdiri dari tiga subtes, yaitu  verbal, namber, dan pemahaman umum," ujar Ermita 


Ermita menyebutkan, jika Puspendik sebagai salah satu unit kerja penting di Kemendikbud, telah mengembangkan TBS sejak tahun 1990. Oleh karenanya, Puspendik bertanggung jawab untuk mensosialisasikan dan memberikan layanan TBS kepada siswa di seluruh pelosok Indonesia. 


"TBS bertujuan memberikan informasi tentang potensi akademis siswa kepada sekolah, orang tua dan siswa," jelasnya.


Lebih jauh dikatakan, TBS mempunyai korelasi yang tinggi dengan prestasi belajar seseorang. Siswa dengan nilai TBS tinggi mempunyai prestasi belajar yang baik. Penggunaan tes prestasi dan TBS secara bersamaan akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap.


Ermita menambahkan, tes tersebut dilaksanakan bagi kelas XII dimana setiap kelas diambil 10 orang siswa yang masuk rengking 10 besar terbaik.


Dengan digelar TBS, diharapkan siswa telah mengetahui kemapuan dan talenta yang dimiliki serta mampu memilih jurusan perkuliahan sesuai bakat dan minatnya, pungkas Ermita.(jun). 



EmoticonEmoticon