Sunday, 25 November 2018

Pengurus Keluarga Pacitan Riau Silaturahmi ke LAMR.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, -Sejumlah pengurus paguyuban Organisasi Keluarga Pacitan Riau (OKPR) bersilaturahmi ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Jumat malam (23/11/2018). Silaturahmi dilakukan selain untuk mempererat silaturahim juga sekaligus menyampaikan rencana pelantikan pengurus OKPR pada 15 Desember 2018 ini.


Kunjungan silaturahmi Pengurus OKPR ke LAMR dipimpin langsung Ketua OKPR Mujiono, SH didampingi Sekretaris OKPR Drs. Sutikno, Wakil Ketua Muhammad Amin Ibnu Salam, Ketua IKPR Pekanbaru Isnen,  Sekretaris OKPR Pekanbaru Amir Tohar, dan Humas OKPR Pekanbaru Pirngadi.


Kehadiran pengurus OKPR di LAMR diterima Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, Sekretaris Umum DPH LAMR Datuk M. Nasir Penyalai, Datuk Mustafa Haris, Datuk Anton dan pengurus LAMR lainnya.


Ketua OKPR Mujiono mengatakan pelantikan pengurus OKPR direncanakan pada 15 Desember 2018 ini. Acara pelantikan akan dihadiri mantan Presiden RI yang juga sesepuh masyarakat Pacitan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).  "Insya Allah Pak SBY sendiri yang akan melantik,” kata Mujiono.


Menurut Mujiono, acara pelantikan akan dihadiri sekitar 1.500 warga Riau asal Pacitan di Riau. Selain itu, acara pelantikan juga akan dimeriahkan dengan persembahan wayang kulit.


Mujiono mengatakan masyarakat Riau asal Pacitan di Provinsi Riau sangat memahami falsafah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung yang ada Bumi Melayu Provinsi Riau ini. "Untuk itu, kami menyampaikan ingin bernaung di bawah Lembaga Adat Melayu Riau," ujar Mujiono.


Ketua Umum LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar menyambut baik kunjungan silaturahmi pengurus OKPR ke LAMR.


Menurut Datuk Seri Syahril, antara masyarakat Melayu Riau dan masyarakat Riau dari Pacitan telah terjalin hubungan yang baik.
Bahkan, di Riau banyak daerah-daerah yang dibuka oleh Suku Jawa dari Pacitan. Selain itu, antara masyarakat Melayu dan Jawa khususnya masyarakat Riau asal Pacitan di Provinsi sudah hidup bersaudara.
"Ketuku batang ketakal, keduanya keladi muyang. Sesuku kita seasal, senenek serta semoyang," kata Datuk Seri Syahril menyampaikan ungkapan adat Melayu.


Syahril juga mengungkapkan bahwa mantan Presiden RI SBY yang juga sesepuh masyarakat Pacitan telah mendapat gelar kehormatan adat dari LAMR dengan gelar Seri Indra  Setia Amanah Wangsa Negara pada 11 Agustus 2007 lalu. “Karena itu juga, kami menganggap masyarakat Riau asal Pacitan sebagai saudara kami,” kata Syahril.


Pada kesempatan tersebut Mujiono atas nama masyarakat Riau asal Pacitan di Riau memberikan cendera mata berupa batik khas Pacitan kepada Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar. ( rls )




EmoticonEmoticon