Thursday, 8 November 2018

SMPN 19 Pekanbaru Laksanakan Penguatan Pendidikan Karakter.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, -SMPN 19 Pekanbaru akan menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter(PPK). PPK adalah penjabaran dan implementasi dari Kurikulum 2013(K 13). Untuk itu SMPN 19 Pekanbaru siap ditetapkan  sebagai sekolah penerapan PPK, ungkap Zurdianto,M.Pd kepala SMPN 19 Pekanbaru ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu(5/11/2018). 


Menurut Zurdianto, ada 5  nilai utama karakter yang harus diterapkan dalam PPK. Kelima nilai tersebut adalah relegius, nasionlisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Nilai  ini harus diterapkan  dan dipraktekan disekolah secara langsung kepada siswa melalui oleh fikir, olah hati, olah rasa dan oleh raga.


Seperti olah fiikir, lanjut Zurdianto,  peserta didik harus membaca dan menyimak. Sehingga siswa dapat memahami, menganalisa dan menyimpulkan ilmu yang disampaikan melalui bacaan tersebut. Dengan demikian  adanya harmonisasi di dalam diri siswa. Karena kita  ingin melakukan perobahan kearah yang lebih baik lagi, tuturnya.


Menurut orang nomor one di SMPN 19 ini, PPK adalah  wujud dari program nasional sebagai Gerakan Nasional Revolusi Mental(GMRM) yang merupakan bagian dari nawacita presiden Joko Widodo -Jusuf Kalla yang dituangkan dalam sistim pendidikan nasional. PPK inilah harus ditanamkan kepada peserta didik disekolah. Dengan demikian akan dapat membekali siswa sebagai aset bangsa menjadi generasi emas Indonesia dimasa mendatang.


Lebih jauh lagi, Zurdianto menjelaskan, salah satu dari nilai utama PPK yang sudah diterapkan disekolah yakni menanamkan integritas pada pelaksanaan Ujian Nasional(UN). 


Saya berharap dengan diterapkannya PPK akan dapat merubah mindset siswa dan warga sekolah, baik dari tutur katanya, sikap, perbuatan dan prilakunya," harapnya optimis.

 

Menurut Zurdianto, sejalan dengam PPK ini,  SMPN 19 sudah berjalan program penghijauan(green school) lingkungan hijau. Program ini juga selaras dengan program Adiwiyata baik ditingkat kota maupun tingkat nasional.


Setakat ini, kita telah membenahi lingkungan sekolah dengan menanam pohon pelindung dan pohon buah. Penataan taman, bunga, tanaman hias, obat-obatan, hidroponik dan green house. 


" Kita sudah melakukan berbagai persiapan menuju adiwiyata kota dan kalau bisa adiwiyata tingkat Provinsi dan Nasional, " pungkas Zurdianto.(jun)



EmoticonEmoticon