Sebarkan Informasi Terupdate

SMAN 8 Pekanbaru Menjadi Percontohan Sekolah Sadar Hukum



SuksesPos.com, Pekanbaru, -SMAN 8 Pekanbaru menjadi percontohan sekolah sadar hukum di tingkat Provinsi Riau. Sekolah yang beralamatkan di jalan.Abdul Muis Gobah Pekanbaru tersebut diharapkan bisa menjadi sekolah percontohan peserta didik dan sekolah lain dalam hal kesadaran hukum dan peraturan.


Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia(Kemenkumham) RI, baru-baru ini, tepatnya tanggal 13 Desember 2018 telah menetapkan SMAN 8 Pekanbaru menjadi salah satu sekolah sadar hukum untuk wilayah Riau.



Kepala SMAN 8 Pekanbaru Tavip Tria Chandra,S.Pd ketika dikonfirmasi Via saluran selularnya, Senin(17/1/2018) mengakui sekolah yang dipimpinnya memperoleh predikat sekolah sadar hukum untuk tingkat provinsi Riau.



Menurut Tavip, SMAN 8 Pekanbaru akan menjadi percontohan bagi aktivitas siswa yang berkaitan kesadaran hukum sehingga akan jadi bekal saat pelajar berkecimpung di tengah masyarakat nantinya.


" Sebenarnya sekolah kita sudah menerapkan kreteria yang menjadi indikator sekolah sadar hukum dalam aktivitas pendidikan. Makanya sekolah kita menjadi sekolah percontohan di Riau," ujarnya.


Dikatakan, usia sekolah atau remaja, terjadi perubahan secara fisik, psikis dan sosial sehingga memungkinkan munculnya perilaku menyimpang. Untuk itu perlu ditanamkan sikap taat hukum, agar siswa tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.


Lebih jauh, Tavip menjelaskan, Indikator sekolah sadar hukum yaitu, peserta didiknya bebas dari narkotika, tidak ada tawuran, tidak ada bullying, tidak ada pungutan liar, tidak ada perbuatan mencontek, plagiat, serta taat peraturan lalu lintas.


Kedepan, lanjut Tavip, pihaknya akan membentuk forum siswa sadar hukum. Dengan mendapat predikat sekolah sadar hukum,diharapkan dapat pula memotifasi peserta didik untuk selalu taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku dinegara ini, tukasnya.(jun).




Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support