Friday, 11 January 2019

Disdik Kota Pekanbaru Akan Gelar Asesmen Kepala Sekolah.

Tags



SuksesPos.com, Pekanbaru, - Dinas Pendidikan(Disdik) Kota Pekanbaru dalam waktu dekat ini rencananya akan melakukan   asesmen kepala sekolah SD dan SMP negeri. 


Dilakukan asesmen guna mendapatkan kepala sekolah yang baik dan berkualitas, ungkap Kadisdik kota Pekanbaru DR. H.Abdul Jamal,M.Pd diruang kerjanya, Jum'at(11/1/2019).


Menurut Jamal dalam permendiknas memang tidak diatur. Namun tidak ada salahnya kalau ingin pendidikan yang baik. Tentunya mendapatkan kepala sekolah yang baik dan berkompeten.


Dikatakan, asesmen ini adalah perintah Pak Wali kota Pekanbaru. Hal juga tidak menyalahi untuk menjadikan kepala sekolah yang bermutu, jelas Jamal.


Kepala sekolah yang baik, lanjut Jamal, tidak hanya berada zona nyaman. Dia harus melakukan inovasi-inovasi  dan berbuat sesuatu bagi kemajuan pendidikan disekolah yang dipimpinnya. Untuk itulah perlu adanya asesmen.


Setakat ini, kata Jamal, pihaknya telah membentuk  Panitia Seleksi(Pansel)
dengan melibatkan para pakar  dari perguruan tinggi. Kemudian dari dalam yakni Sekdako dan Dinas Pendidikan sendiri.


Tim pansel inilah yang akan menilai dan memberikan rekomendasi layak atau tidaknya seorang kepala sekolah menjabat sebagi pimpinan di sekolah. Kemudian hasil seleksi yang sudah direkomendasikan inilah diserahkan ke Walikota Pekanbaru, terang Jamal.


Jamal menyebutkan ada tiga komponen penilaian yakni Kopentensi Akademik termasuk tupoksi, kemudian Psikologi yakni karakternya seperti apa, tes ini dilakukan bersama BKN.  Seterusanya kepsek  harus bisa menyampaikan Visi Misi yang menjadi Rencana strategisnya(Renstra) yang disampaikan dalam bentuk makalah yang harus dipaparkan dengan  menggunakan Lapto dan infokus(IT). 

 

Dalam pelaksanaannya nanti, selain kepsek kita undang guru PNS. Guru yang diundang tersebut syaratnya gol. III C umur tidak melebihi dari 56 tahun. 


Kepada seluruh kepala sekolah, Jamal menghimbau,  janganlah takut mengikuti Asesmen. Ikuti saja sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh pansel. 


" Saya berharap kepala sekolah sudah menpersiapkan diri. Sehingga nantinya dapat mengikuti asesmen dengan baik dan sukses," pungkas Jamal.(jun).



EmoticonEmoticon