Tuesday, 12 February 2019

SMAN 4 Pekanbaru Gelar Khatam Al-Qur'an di Masjid Agung An-nur.

Tags

SuksesPos.com, Pekanbaru,- Sebanyak 380 siswa kelas XII SMAN 4 Pekanbaru mengikuti khatam Al-Qur'an di Masjid Agung Annur Pekanbaru, Selasa(12/2/2019) pagi.

Sejak pagi peserta didik bersama orang tua siswa mengikuti pawai ta'ruf dengan diiringi drumband sekolah. Tampak siswa bersama orang tua antusias mengikuti pawai yang juga diiringi mobil hias
.
Kepala SMAN 4 Pekanbaru Hj.Yan Khoiriana,M.Pd dalam sambutannya menyebutkan, ada 3 event yang digelar yakni pawai ta'ruf, khatam Al-qur'an dan tabligh akbar. 
Tabligh akbar diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Sedangkan khatam Al-qur'an diikuti oleh siswa kelas XII disini. Ada 380 siswa kelas XII yang khatam. 

Pada prosesinya hanya diwakilkan oleh 44 orang siswa terbaik saja dari masing-masing  perwakilan kelas, jelasnya.

Menurut Khori panggilan akrabnya, 1.200 siswa mengikuti kegiatan ini. Bagi siswa kelas X dan XI  mengikuti tabligh akbar dilantai 2 Masjid dengan penceramahnya ustadz. Doni Saputra,Lc,MA. 
Sedangkan siswa kelas XII mengikuti khatam qur'an di aula lantai dasar Masjid. Khori mengatakan, Al-quran adalah sesuatu yang sakral dan suci. 

" Kepada ananda diingatkan,  walupun ananda khatam Al-quran, bukan berarti tidak mengaji lagi, tidak mempelajari al-quran. Akan tetapi terus belajar. Walupun sudah melanjutkan pendidikan, bahkan sudah bekerjapun tetap terus belajar dan menerapkan ajaran Al-qur'an dalam kehidupan. Dengan demikian ananda menjadi generasi emas milenial yang menjadi kebanggaan sekolah," tutur Khori.

Khori mengisahkan, dulu dirinya mengaji pakai sampan,  pakai obor dan pakai lampu teplok atau togok terutama daerah pulau atau pesisir. Namun sekarang ananda mengaji sudah pakai gadget.
Walaupun demikian, ibuk ingatkan kepada ananda untuk selalu membaca dan mengaplikasikan ajaran yang terkandung dalam Al-qur'an dalam kehidupan sehari-sehari, pintanya.

Adapun Tema yang diangkat pada perhelatan akbar ini adalah " Bersama Al-Quran menjadikan generasi terdepan". 

Tema ini mempunyai pilosofi yang cukup mendalam. Dimana generasi terdepan adalah generasi yang mempunai kemapuan intelektual dan berahklak yang baik. Generasi inilah merupakan generasi emas qur'ani menjadi pemimpin masa depan, terang Khori.
Sementara itu guru agama yang memimpin Khatam qur'an Zulfadli,S.Pdi menambahkan, digelarnya khatam qur'an perdana diluar sekolah dengan tujuan untuk lebih menyemarakan syi'arnya Al-Qur'an dan syi'arnya Islam.

" Dengan ditajanya khatam qur'an dapat memotifasi siswa dan masyarakat untuk mempelajari dan memahami serta mengamalkan ajaran al-qur'an dalam kehidupannya sehari-hari," ujar Zulfadli.

Ketua Komite sekolah Syamsurizal menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada kepala sekolah yang telah menggagas untuk dilaksanakan khatam qur'an di Masjid Agung Annur.

" Kami atas nama komite dan orang tua siswa mendukung dan berterimaksih kepada pihak sekolah yang telah melaksanakan rangkai acara, yakni pawai ta'ruf, tabligh akbar dan khatam qur'an. Semoga kedepan akan lebih ditingkatkan lagi," harapnya.
Masih ditempat yang sama Kadisdik Riau yang diwakili Korwas Joyosman, M.Pd dalan arahannya mengatakan, Khatam qur'an bukanlah akhir dari mempelajari al-quran.  Akan tetapi awal untuk terciptanya generasi millenial yang qurani. 

" Dengan mempelajari dan mengaplikasi ajaran yang terkandung dalam Al-Quran. Diharapkan siswa kita kedepan  bisa menjadi profesional yang baik dan berintegritas tinggi dengan mempersiapkan intelektual yang islami, " tegasnya. 

Acara khatam berlangsung khidmat. Para siswa dan orang tua mengikuti dengan seksama dalam suasana agamis dan penuh kekeluargaan. Acara ditutup dengan do'a dan makan siang bersama.(jun).


EmoticonEmoticon